AMOLED Meetup “Membuat Aplikasi Android Untuk Pemula Dengan Android Studio 3.3”

AMOLED Meetup “Membuat Aplikasi Android Untuk Pemula Dengan Android Studio 3.3”

AMOLED ( Academy of Mobile Developer ) adalah salah satu kelompok studi mahasiswa di Program Studi Teknik Informatika UNIDA Gontor, yang fokus dalam mempelajari rancang bangun aplikasi mobile. Jargonnya adalah “Aiming to Create Qualified Future Developers” bermakna bahwa melalui AMOLED, mahasiswa dapat saling berbagi ilmu dan pengalaman agar siap untuk menghadapi dunia kerja di masa mendatang, khususnya dalam industri aplikasi mobile.

AMOLED juga tergabung dalam organisasi Developer Student Clubs (DSC) yang diinisiasi oleh Google Developers, yang mempunyai tujuan untuk memfasilitasi mahasiswa di berbagai perguruan tinggi di Indonesia untuk belajar mengenai teknologi, khususnya produk yang dikembangkan oleh Google seperti Android, Google Cloud Platform, Firebase, dll. DSC secara resmi diakui dan tersebar di beberapa perguruan tinggi di seluruh Indonesia, salah satu cabangnya berada di UNIDA Gontor.

Saat ini AMOLED telah menyelenggarakan Weekly Meetup, pada hari Selasa 15 Januari 2019. Acara tersebut rutin dilaksanakan setiap minggunya dan menjadi salah satu kegiatan inti AMOLED. Tema yang diangkat dalam Meetup kali ini mengenai “Membuat Aplikasi Android bagi Pemula dengan Menggunakan Android Studio 3.3”. Acara tersebut dihadiri dengan antusias oleh para anggota AMOLED kelas pemula.

Dalam Weekly Meetup tersebut membahas tutorial membuat aplikasi Android mulai dari materi dasar seperti pengenalan, instalasi, debugging dll. Materi disampaikan dengan penyampaian teori serta dilanjutkan dengan praktek. Adapun yang berperan sebagai mentor dalam Weekly Meetup tersebut adalah Muhammad Syakir Arif, mahasiswa TI angkatan 2015 sekaligus ketua dari AMOLED dengan ditemani Core Team AMOLED yang membantu membimbing proses belajar anggota. Adapun modul yang dipakai adalah bersumber dari DICODING, sebuah akademi daring dengan nama kelas “Belajar Membuat Aplikasi Android untuk Pemula”. Modul dalam kelas tersebut didesain oleh Google Authorized Training Partner dan terselenggara atas kerja sama DICODING dengan Google.

Tepat satu hari sebelum Weekly Meetup dilaksanakan, Tim Pengembang Google mengumumkan secara resmi bahwa versi terbaru Android Studio 3.3 telah dirilis dalam website mereka. Hal ini langsung menjadi pokok pembahasan dalam Weekly Meetup tersebut, lalu membahas fitur-fitur baru dalam Android Studio 3.3.

Demi mencapai pemahaman anggota yang baik, maka tema materi Weekly Meetup ini akan berlanjut hingga minggu-minggu selanjutnya. Sehingga diharapkan peserta dapat mengikuti secara berkala dan memahami materinya sedikit demi sedikit, dan dapat menyelesaikan modul bersama-sama.

This Post Has One Comment

Leave a Reply

Close Menu