Festival TI UNIDA , Kompetisi tahunan Teknik Informatika UNIDA.

Festival TI UNIDA , Kompetisi tahunan Teknik Informatika UNIDA.

Festival TI UNIDA merupakan salah satu kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMATIF) setiap tahunnya. Seperti pada pekan lalu, tepatnya pada hari minggu, 24 Februari 2018, dimana HIMATIF kembali mengadakan Festival TI UNIDA, tidak seperti biasanya,kali ini festival yang diadakan HIMATIF mengambil tema E-Sport dan seluruh Mahasiswa Program Studi apapun dapat ikut serta didalamnya.

Dengan diangkatnya kompetisi E-sport ini, FESTIDA menjadi Festival yang sangat diminati bukan hanya oleh mahasiswa Teknik Informatika saja, tetapi mahasiswa program studi lain pun ikut tertarik untuk menjadi bagian dari kompetisi ini.

Kompetisi di lakukan selama 4 hari dengan memperlombakan berbagai-macam bidang E-sport yang sedang populer dikalangan mahasiswa saat ini, seperti Pro Evolution Soccer(PES), Mobile Legends,dan Players Unknows Battleground Mobile (PUBG Mobile), untuk kompetisi pertama dimulai dengan lomba PES, terdapat 16 orang yang mendaftar dalam pertandingan ini.

Di hari ke-2 dan ke-3 dilanjutkan dengan pertandingan Mobile legends yang melibatkan 10 tim dari semua kalangan mahasiswa, tidak terkecuali, mahasiswa dari semester 2 ikut dalam kompetisi ini,tetapi dikarenakan adanya larangan semester 2 untuk tidak membawa smartphone,  tidak habis ide, maka merekapun menggunakan Emulator untuk mengikuti lomba.

Dan hari terakhir dimana kompetisi diadakan, PUBG Mobile menjadi puncak dari seluruh kompetisi yang diadakan FESTIDA pada tahun ini,dengan 12 tim yang mendaftar ,berbeda dengan kompetisi sebelumnya, kali ini para peserta dapat menentukan tempatnya sendiri yang artinya, mereka diperbolehkan untuk tidak datang secara langsung di tempat, tetapi masih dalam jangkauan tim mereka masing-masing,diadakan selama 3 match.

peserta festival ti unida 2019
Sebuah tim yang sedang mempersiapkan formasi

Beberapa hari berselang dari kompetisi, diadakan penutupan sekaligus pembagian hadiah untuk para pemenang pada kompetisi FESTIDA kali ini, “Kuncinya yaitu kebersamaan yang menjadi penentuan untuk menjadi pemenang” ujar salah satu pemenang dalam kompetisi tersebut,setelah acara berakhir, untuk meluangkan waktu para panitia pun tidak kalah ingin unjuk gigi dengan menantang pemenang kompetisi Mobile Legends.

Dengan adanya kompetisi FESTIDA, dapat kita ambil pelajaran didalamnya, sama seperti Kompetisi E-Sport, bahwa kita tidak dapat bekerja sendirian, sebagai makhluk sosial yang membutuhkan orang lain untuk memenuhi segala kebutuhan kita.

juara festival teknik Informatika 2019
Juara 1 dan 2 dari Kompetisi Pro Evolution Soccer pada festival TI UNIDA 2019

Leave a Reply

Close Menu