“Pengabdian Masyarakat:  Siswa SMAN 3 Jakarta semangat belajar Multimedia”

“Pengabdian Masyarakat: Siswa SMAN 3 Jakarta semangat belajar Multimedia”

Pengabdian masyarakat merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Pendidikan yang harus diemban oleh setiap akademisi. Setelah kegiatan workshop yang diadakan di ponorogo , selanjutnya Jumat – Sabtu, 22 – 23 Februari 2019 mahasiswa Teknik Informatika kampus Siman melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan mengadakan workshop Multimedia di Jakarta Selatan tepatnya di SMA Negeri 3 Jakarta, wokshop ini bertujuan agar para siswa/i nantinya diharapkan dapat mendesain dan mengedit videonya sendiri, guna memberi pengetahuan yang lebih terhadap Software editing gambar dan video, maka tidak hanya teori semata namun diadakan acara yang memang penting nantinya untuk kemajuan siswa/i SMA Negeri 3 Jakarta.

Pemateri pengabdian masyarakat sman 3 jakarta
Mahasiswa Prodi TI UNIDA Fikky dan Farizi memberikan materi pada acara pengabdian masyarakat di SMAN 3 Jakarta

Workshop yang dibimbing langsung oleh M. Nur Alfarizi , Fikky Aprico dan Adi Darmanto ini dimulai pukul delapan pagi dengan pengenalan beberapa Software yang akan digunakan, Farizi sebagai pemateri Desain Grafis menjelaskan beberapa cara yang di butuhkan untuk proses pembuatan Desain Poster dengan ukuran A4 serta Adi dan Fikky Menjelaskan Software Editing Video yang akan di pakai untuk keperluan workshop.

Siswa ini mencoba Sofware Editing Video Adobe Premiere Pro

Siswa/i yang berjumlah 30 sangat antusias belajar Desain Poster dan Video Editing. Setelah penjelasan singkat oleh pemateri maka dengan cepat anak anak tersebut mengedit Poster dan Video yang telah mereka siapkan. Pemateri membimbing setiap anak dalam proses pengeditan tersebut, proses editing memang sederhana jika sudah memahaminya dengan jelas, namun akan sulit dan rumit jikalau tidak memahami Tool yang telah disediakan. Tips dari pemateri adalah agar tetap memperhatikan konsep Desain dan Video yang benar agar tidak melenceng dari apa yang sudah di ajarkan oleh pemateri dan tidak terjadi kesalahan yang fatal yang menyebabkan gagalnya Desain dan Video yang sudah di rencanakan dari awal.

di akhir kegiatan diadakan evaluasi berupa project akhir untuk menilai hasil belajar para siswa SMAN 03 Jakarta, semoga kegiatan ini dapat membawa manfaat sebesar-besarnya bagi kedua belah pihak

Leave a Reply

Close Menu