Dispenser Otomatis Hasil Karya Mahasiswa TI Unida

Dispenser Otomatis Hasil Karya Mahasiswa TI Unida

Dispenser Otomatis adalah salah satu dari prototype rancangan yang dibuat oleh beberapa mahasiswa teknik informatika Universitas Darussalam Gontor semester VI dalam rangka penyelesaian tugas akhir dari salah satu mata kuliah yang diemban yaitu mikrokontroler, yang dimana para mahasiswa semester 6 mempelajari untuk membuat sebuah rancangan system yang terintregasi secara fisik dengan komponen komponen elektronik yang nantinya bisa dikembangkan untuk memudahkan pekerjaan manusia.

Dimas Alfianto dan Muhammad sirajuddin, mahasiswa perancang mesin prototype dispenser otomatis
Dimas Alfianto dan Muhammad Sirajuddin,  Mahasiswa Penggagas Pembuatan Dispenser Otomatis

Adapun penyelesaian pembuatan dispenser otomatis tersebut digagas oleh 2 mahasiswa teknik informatika, Muhammad Sirajuddin dan Dimas Alfianto. Pembuatan diawali dengan membuat rancangan gambaran ( Prototype ) menggunakan bahan triplek yang dirancang oleh dimas sedangkan Muhammad Sirajuddin sebagai perancang system program yang akan diterapkan nantinya kepada alat yang sudah dirancang. Software yang digunakan dalam pembuatan dispenser otomatis adalah Arduino Uno, sebuah program untuk menjalankan seluruh development kit yang sudah terpasang di dalam rancangan serta Tinkercad sebagai simulator yang akan menguji kecocokan rancangan tersebut.

Alat-alat yang digunakan dalam perancangan ini yakni LCD 16 X 2 untuk menampilkan tampilan program yang diterapkan dalam rancangan tersebut, Solenoid Valve sebagai Katup untuk mengalirkan air dari  tempat penampung air, Mousepad sebagai pengatur power dari dispenser tersebut, Adaptor 12V 2A dan Resistor 1K dengan 10K.

prototype mesin dispenser otomatis hasil karya mahasiswa teknik informatika
Wujud Prototype Dispenser Otomatis Karya Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Darussamalam Gontor

Kendala yang dialamin dalam proses pembuatan dispenser otomatis adalah susahnya dalam mengakuratkan aliran air dari penampung air ke gelas dikarenakan adanya kebocoran di sela sela katup dari penampung air dan selang yang mengarah ke arah gelas. Akhirnya tim penggagas membuat antisipasi kebocoran degan menutup sela sela yang terdapat lubang dengan menggunakan lem bakar agar air lebih banyak teraliri ke dalam gelas

Akhirnya, penyelesaian pembuatan Prototype dirampungkan di lab teknik informatika lantai 1 bersama rekan-rekan teknik informatika yang sekaligus mereka juga membuat masing-masing alat yang ditugaskan oleh Al-Ustadz Shoffin Nahwa Utama M.T. beliau sebagai penguji dan pemberi nilai dalam tugas tersebut juga mengecek kesempurnaan proyek yang telah dibuat dan dicoba satu per satu khususnya Dispenser Otomatis tersebut.

This Post Has 7 Comments

  1. Mantap, lanjutkan, Good Luck TI

  2. Good Luck TI UNIDA Gontor Semoga lebih meningkat lagi prestasinya

  3. Good, semoga bisa lebih baik 😁

  4. semangat terus kakak

Leave a Reply

Close Menu