Rekomendasi Motherboard Terpopuler 2019

Rekomendasi Motherboard Terpopuler 2019

kata yang tidak asing didengar kalau kita bicara soal komputer, dan mungkin smartphone. “Sebutkan nama-nama hardware komputer,” yang biasanya sering kita temukan dalam  soal TIK di sekolah kita. CPU, RAM, VGA,Motherboard.

Terus, Motherboard itu apa sih?

“Papan Induk”

Ya, itulah artinya kalau diterjemahkan secara bahasa Indonesia. Bukan “Papan Ibu”, ya. Hehehe. Motherboard adalah papan sirkuit utama yang umum ditemukan pada berbagai macam komputer. Fungsinya adalah menghubungkan komunikasi antar komponen-komponen komputer seperti CPU, RAM, kartu grafis, Hard Disk Drive (HDD) dan lain-lain.

Dengan motherboard pula pengguna komputer bisa menambah dan memasang komponen komputer baru, seperti menambah RAM, HDD/SSD (Solid State Drive), kartu grafis baru, dll. Tersedia juga slot untuk menghubungkan perangkat input (mouse, keyboard, scanner, dll) dan perangkat output (monitor, speaker, printer, dll). (R. Azzam, 2018)

Sejarah awal mula motherboard

Motherboard pertama kali dibuat pada tahun 1977, oleh Apple untuk Apple II-nya. Berbeda dengan sekarang dulu komponen-komponen komputer seperti CPU dan memori ditempatkan di satu kartu tersendiri, dan dihubungkan dengan kabel-kabel.

Karena tampilan yang tidak tertata dan sulit untuk menghubungkan satu komponen PC dengan komponen lainnya, para pengembang produk komputer membuat satu tempat khusus untuk menampung berbagai periferal komputer. Terciptalah suatu papan lebar yang berisi beragam slot sebagai tempat menghubungkan komponen-komponen PC, yang kemudian dinamai motherboard.

Dalam perkembangannya, motherboard setiap tahun semakin berkembang pesat baik dari segi teknologi maupun sistemnya.

Memasuki era millenium para produsen komputer ternama berlomba-lomba mendesain motherboard sekecil dan seekonomis mungkin, dengan performa yang tidak kalah dengan desain biasa. Sehingga pada saat sekarang ini kita mengetahui perkembangan  motherboard  dari desain yang biasa  hingga  motherboard yang memiliki kualitas high.

Berikut ini kita akan mengulas 5 merek motherboard yang paling baik dan yang paling sering ditemui pada pengguna computer di seluruh dunia

  1. Asus

Asus merupakan salah satu produsen terbesar di dunia dalam hal teknologi, khususnya dalam menciptkan  berbagai perangkat komputer. Tentu bukan saja hanya dalam membuat motherboard, komputer PC dan berbagai produk tekologi lainnya juga mereka ciptakan, seperti laptop Asus serta peripheral lainnya.

Saat ini motherboard yang di buat oleh produsen Asus dianggap menjadi salah satu yang terbaik khususnya pada saat di mainkan oleh para gamer, pc dengan motherboard Asus di klaim memiliki performa yang mengagumkan.

Sehubungan dengan kualitas dan popularitas Asus yang cukup di kenal dalam membuat motherboard, maka tak sedikit perusahaan besar lainnya yang ikut menggandeng Asus untuk bekerja sama, seperti Intel yang merupakan salah satu vendor processor terbesar di dunia.

2. Gigabyte

Nah, berikutnya untuk merek motherboard terbaik salah satunya adalah Gigabyte. Motherboard yang satu ini jugalah yang penulis gunakan hingga saat ini. Berkat kualitas baik motherboard yang mereka buat, Gigabyte telah banyak mendapatkan apresiasi dan sambutan positif oleh pengguna komputer pc di seluruh dunia.

3. MSI

MSI merupakan perusahaan yang di dirikan pada tahun 1986 dan berhasil membuat motherboard yang di anggap menjadi motherboard terbaik pada tahun 2010.

MSI sendiri membuat berbagai model dan bentuk motherboard yang di sesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Dari sisi harga, MSI di klaim memiliki harga yang lebih ekonomis jika di banding dengan motherboard lain yang setara dengannya.

4. EVGA

Merek motherboard EVGA mungkin jarang terdengar oleh banyak pengguna pc. Tapi tahukah anda motherboard yang satu ini pernah menjadi yang terbaik menurut ulasan dari berbagai konsumen?

5. Intel

Kalau brand yang satu ini saya yakin anda semua sudah pada tahu kan? Sebenarnya Intel lebih di kenal dari produk mereka processor di banding motherboard yang mereka buat.

Processor yang di buat intel merupakan salah satu yang terbaik dan paling banyak di gunakan di dunia. Dengan kemampuan tersebut Intel juga tak ketinggalan untuk tetap membuat produk lainnya seperti motherboard.

Namun karena lebih berfokus pada produk Intel processor mereka, maka Intel membuat motherboard yang lebih mendukung untuk di gunakan atau di pasangkan dengan processor mereka. (Anonim, 2019)

Berikut ini juga 5 Jenis motherboard yang paling baik untuk kamu seorang gamers

  1. Asus ROG Maximum IX Hero

Motherboard besutan Asus ini merupakan motherboard gaming yang sangat di rekomendasikan untuk penggunaan gaming hardcore. Hal ini disebabkan oleh adanya dukungan fitur overclock yag mempu mendongkrak performa motherboard menjadi semakin maksimal dan memiliki banyak pin fan header untuk menyokong power fan yang digunakan

2. Gigabyte Aorus Z270X – Gaming 9

Seakan tidak ingin kalah dengan Asus, Gigabyte juga menghadirikan sebuah motherboard gaming dengan fitur canggih yang mendukung aktifitas gaming. Selain itu, motherboard ini juga telah menyediakan Chpshet EK hybrid block water colling yang berfungsi untuk memkasimalkan proses pembuangan panas yang berkualitasnya setara dengan pandingin cair kustom

3. Asus Prime Z270-A

Masih dari keluarga Asus, motherboard ini mendukung semua seri processor Intel mulai dari Intel Core i7/i3/i5. Di samping itu, motherboard ini juga telah memiliki sebuah fitur overclocking yang mampu mendongkrak kinerja motherboard menjadi lebih maksimal. Selain itu, motherboard ini juga dilengkapi dengan socket double M.2 untuk dukungan penggunaan SSd dan memori Intel Optane

4. AsRock Z270 Killer SLI/ac

Selain mendukung fitur overclocking, motherboard canggih  besutan AsRock ini memiliki dukungan fitur canggih seperti, onboard wifi dan Bluetooth. Untuk dukungan processor, motherboard ini mendukung penggunaan processor Intel Core i7/i5/i3. Tidak hanya itu saja, motherboard ini juga dilengkapi dengan Graphics Output Options HDMI, DVI-D, Nvidia Quad SLI, serta AMD Quad CrossFirex

5. MSI Z270 SLI Plus

Motherboard yang mendukung penggunaan processor berbasis Intel generasi 7 atau 6 ini, merupakan salah satu potret motherboard gaming paling kekinian. Pasalnya motherboard ini telah dilengkapi dengan berbagai fitur gaming terkini seperti VR ready, VR boost, dan Audio Boost 4 yang mampu memaksimalkan perfoma bermain game (Praseta, 2018)

Kesimpulan

Jadi Motherboard sangat berperan penting dalam komponen sebuah computer, karena dia sebagai pusat penghubung dengan komponen-komponen yang lainnya, Dari tahun ketahun perkembangan teknologi semakin maju dan berkembang pesat salah satunya motherboard-motherboard semakin canggih dan perusahaan – perusahaan saling berlomba menciptakan alat-alat yang canggih dan luar biasa guna menguasai pasar dunia.  

Refrensi

Anonim. (2019, January 9). 5 Merek Motherboard Yang Paling Baik. Retrieved from Perangkatkeras.net: http://www.perangkatkeras.net/5-merek-motherboard-yang-paling-baik/

Hidayat, I. S. (2018, january 29). 5 Pilihan Motherboard X370 Terbaik Tahun 2018. Retrieved from Murdock Cruz: https://www.murdockcruz.com/2018/01/20/5-pilihan-motherboard-x370-terbaik-tahun-2018/#.XLmB09hR200

Praseta, A. (2018, Desember 17). Cocok untuk Gamer! Ini 5 Rekomendasi Motherboard Gaming DDR4 Terbaru. Retrieved from IDN Times: https://www.idntimes.com/tech/gadget/agung-prasetya/cocok-untuk-gamer-ini-5-rekomendasi-motherboard-gaming-ddr4-terbaru-c1c2/full

R. Azzam, I. (2018, November 12). Motherboard: Pengertian, Sejarah dan Perkembangannya. Retrieved from Takatik: https://www.takatik.com/pengertian-sejarah-perkembangan-motherboard/

[Sayyidul TI 2017]

Leave a Reply

Close Menu