Mahasiswa Teknik Informatika UNIDA Gontor Berhasil Merancang Prototype Lengan Robot

Mahasiswa Teknik Informatika UNIDA Gontor Berhasil Merancang Prototype Lengan Robot

Prototype lengan robot akhirnya berhasil dilakukan pengembangannya oleh salah satu mahasiswa teknik informatika, Inqi Azhar Aziz, mahasiswa teknik informatika semester 6 Universitas Darussalam Gontor. Prototype ini diwujudkan untuk memenuhi tugas akhir dari salah satu mata kuliah, Mikrokontroler sekaligus bertujuan agar manusia mudah dalam mengemban seluruh pekerjaan manusia nantinya.

Adapun pengembangan simulasi lengan robot ini dimulai dengan membuat sebuah rancangan tangan mekanik yang nantinya agar bisa menjadi gambaran pengembangan prototype tangan robot suatu saat yang akan datang. Pembuatan rancangan tangan mekanik ini berfungsi sebagai alat pengambil suatu benda sekaligus memindahkannya dari satu tempat ke tempat yang lain.

Inqi Azhar Azis mahasiswa Perancang prototype lengan robot
Inqi Azhar Azis mahasiswa Perancang prototype lengan robot

Pembuatan simulasi lengan robot tersebut dimulai dengan cara membuat sketsa gambaran yang akan dibuat nantinya untuk simulasi robotnya, lalu mencoba modul Bluetooth dengan menghubungkan ke lampu LED yang akan dipasang di kerangka robot kemudian dilanjutkan dengan mencoba step motor dan modulnya sekaligus mengaturnya agar berotasi tiga derajat sekali transfer data dari Bluetooth. Inqi sebagai penggagas simulasi robot juga mempelajari tentang Servo, perangkat yang akan digunakan untuk memberikan kontrol operasi yang diinginkan melalui penggunaan umpan balik, hal ini biasanya digunakan untuk robot-robot yang menggunakan alat perantara seperti remot dsb. Sesudah itu beliau menghubungkan modul Bluetooth dengan servo dan step motor agar suatu respon yang diinginkan bisa diterima oleh robot nantinya.

Adapun bahan-bahan yang digunakan berupa stik es krim sebagai bahan dasar kerangka simulasinya sekaligus menjadi objek utama robot, Arduino sebagai basis program, dan Bluetooth Elektronik sebagai aplikasi untuk editing remote controller tetapi tidak semua aplikasi seperti itu cocok untuk percobaan dalam simulasi robot ini dikarenakan adanya keterbatasan tombol dan feedback yang tidak sesuai yang dibutuhkan oleh beliau.

Model simulasi lengan robot otomatis mahasiswa teknik informatika unida gontor
Model simulasi lengan robot otomatis mahasiswa teknik informatika unida gontor

Adapun kendala yang dialami oleh beliau adalah kekurangan kekuatan dalam pengangkatan obyektif robot dikarenakan servo SG90, servo yang digunakan tidak bisa mengangkat beban yang lebih dari stik eskrim yang digunakan sebagai kerangka untuk mengangkat objek tersebut. sebenarnya beliau juga ingin objek yang akan direspon oleh sang robot itu adalah objek yang berat tetapi karena tidak kuat maka beliau menggantinya dengan stik es krim agar beratnya setara dengan kerangkanya.

Pada akhirnya, pengembangan simulasi robot yang dibuat oleh Inqi Azhar Aziz menuju tahap akhir yaitu Final Project yang dilaksanakan di lab bawah untuk dipresentasikan kepada teman-temannya sekaligus dinilai oleh Al-Ustadz Shoffin Nahwa Utama M.T, Ketua Prodi Teknik Informatika UNIDA GONTOR. [Imam Fauzi TI 2]

This Post Has 2 Comments

  1. Terimakasih, membuat saya ingat akan tugas untuk semester 3 nanti. Bikin alat.

Leave a Reply

Close Menu