Pelatihan Website Mahasiswi Teknik Informatika Unida Gontor

Pelatihan Website Mahasiswi Teknik Informatika Unida Gontor

Pelatihan Website diadakan sebagai update ilmu bagi seluruh mahasiswi teknik informatika, karena praktikum merupakan hal yang terpenting dari segala teori yang telah diajarkan, semua yang telah diajarkan dan berbentuk teori akan sia-sia saja jika hanya teori semata tanpa praktek. Memahami segala yang telah diajarkan diwujudkan dengan workshop yang diadakan untuk mendalami ilmu teori yang telah diajarkan.

Ust. Aziz Mustafa, M.T selaku pemateri pelatihan website sedang memberikan arahan bagi mahasiswi
Ust. Aziz Mustafa, M.T selaku pemateri pelatihan website sedang memberikan arahan bagi mahasiswi

Kegiatan pelatihan ini yang diadakan memang sudah seharusnya untuk memahami dan mempraktekkan ilmu teori yang didapat, seperti yang telah terlaksana di Universitas Darussalam Gontor Kampus Putri Mantingan oleh prodi Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi semester 2. Workshop Web yang diadakan mahasiswi semester 2 ini diadakan di Lab Komputer Mesir 204, Kampus Universitas Darussalam Kampus Putri Mantingan Rabu, 10 April 2019.

Workshop ini diisi oleh pak Aziz Musthafa, M. Kom. , beserta Pak Faisal Reza Pradana, M. Kom. Pelatihan Workshop ini membutuhkan penginstalan aplikasi XAMPP dan WordPress offline, tujuannya agar mahasiswi mengerti dan memahami cara mendesain web dan membuat webnya secara mandiri tanpa bergantung.

Para mahasiswi segera menginstall XAMPP sehari sebelum kegiatan pelatihan web ini dilaksanakan, sayangnya kendala yang terjadi saat pelaksanaan workshop ini, beberapa computer yang terdapat di lab Teknik Informatika tersebut tidak dapat menginstall XAMPP sehingga banyak dari mahasiswi lebih memilih menggunakan Laptop pribadi tanpa menggunakan computer lab. Langkah-langkah pembuatannya dijelaskan secara gambling oleh dosen pembimbing yang mengisi workshop ini, terlebih semua mahasiswi sangat antusias dalam mengikuti langkah-langkahnya karena keinginan yang kuat untuk belajar mendesain web sendiri.

Langkah-langkah membuat web ini memang masih offline, tetapi jika sudah siap untuk di online kan maksudnya siap dijadikan web resmi, maka akan di onlinekan. Namun pelatihan ini diajarkan untuk agar mahasiswi mengetahui langkah-langkah awal dari pembuatan web sederhana.

Dalam hal desain maka hal ini ditangani langsung oleh pak Faisal, maksudnya pengerjaan desain-mendesain atau tentang warna yang cocok untuk disatukan urusan ini dipandu oleh pak Faisal sendiri sebagai ahli dalam bidang multimedia. Para mahasiswi dan dosen  berharap Ilmu ini semoga dapat bermanfaat untuk kedepannya, baik untuk para mahasiswi ataupun dosen sendiri yang mengajarkan ilmu ini terutama dapat mengebangkan ilmu yang sudah ada menjadi lebih berkembang.

Leave a Reply

Close Menu