Kisah dari Gontor ke Google – Part 2

Kisah dari Gontor ke Google – Part 2

Terpilih Menjadi Developer Student Club Lead

Developer Student Club (DSC) merupakan sebuah program besutan Google untuk memfasilitasi mahasiswa dalam mempelajari pengembangan teknologi, agar dapat membantu menyelesaikan masalah di masyarakat sekitar mereka. Hingga saat artikel ini ditulis, DSC baru diselenggarakan di India, Indonesia dan Sub-Saharan Africa.

Pada sekitar bulan april-maret 2018, setelah melalui proses seleksi formulir dan wawancara bersama Googler (sebutan bagi pegawai Google), Alhamdulillah saya dinyatakan terpilih untuk menjadi DSC Lead chapter Universitas Darussalam Gontor, perdana dan satu-satunya di kabupaten Ponorogo.

Sebanyak kurang lebih 60 DSC Lead yang terpilih dari seluruh Indonesia, diundang untuk menghadiri acara summit yang bertempat di Bali. Singkat cerita, kami disana diberikan pengenalan program, briefing, pembekalan, networking, materi dan juga cara menyusun agenda mengenai apa-apa saja yang harus dilakukan oleh DSC Lead selama satu tahun mendatang di kampus masing-masing.

Tindak lanjut dari acara tersebut, kami DSC Leads harus melaksanakan program kerja di kampus kami masing-masing, kemudian melaporkan kegiatannya kepada pihak Google sebagaimana yang telah dijelaskan pada saat summit.

Beasiswa Kursus Daring 1: Menjadi Android Developer Expert

Melalui DSC, saya benar-benar mendapat berbagai kunci untuk membuka berbagai pintu. Salah satunya adalah mendapatkan beasiswa kursus daring Android melalui DICODING.

Kelas kursus tersebut bernama Menjadi Android Developer Expert. Jika

dihitung-hitung, biaya kursus daring tersebut mencapai 2,5 hingga 3 juta rupiah. Bagi seorang mahasiswa seperti saya, nominal tersebut terbilang lumayan besar. Maka, mendapatkan beasiswa seperti ini adalah sebuah kesempatan dan kesyukuran yang besar.

Beasiswa Kursus Daring 2: Kotlin Android Developer Expert

Tak hanya itu, pada tahun 2018 saya kembali diberi kesempatan untuk mendapatkan beasiswa kursus daring melalui program Google Developer Kejar. Kali ini, kelas kursusnya bernama Kotlin Android Developer Expert.

Alhamdulillah, bersama mentor/fasilitator kang Deni Rohimat (yang merupakan rekan DSC Lead juga), saya dapat menyelesaikan seluruh tahapan beasiswa kursus daring tersebut tepat waktu.

Magang di Perusahaan Bersertifikasi Google

Pada bulan Agustus-Oktober 2018, Saya melaksanakan magang sebagai Android Programmer. Bertempat di sebuah perusahaan konsultan IT bernama GITS Indonesia, yang mana telah dinobatkan sebagai Google Certified Agency(GCA) dalam bidang Android. Awal saya mengetahui GITS Indonesia adalah dari mas Ibnu Sina Wardy, seorang Google Developer Expert (GDE) Android di Indonesia. Beliau menjabat sebagai chairman GITS Indonesia. Kemudian, saya melamar magang disana dan Alhamdulillah saya dapat menyelesaikan tes, lalu kemudian diterima.

Leave a Reply

Close Menu