Workshop One Step Closer to Linux
Workshop_One_Step_Closer_to_Linux

Workshop One Step Closer to Linux

Kegiatan pembelajaran dan pelatihan tidak akan pernah habis dilaksanakan dalam keseharian kita, bahkan dalam kehidupan kita, karena Rasulullah sendiri telah bersabda dalam haditsnya tentang kewajiban menuntut ilmu dari buayan hingga liang lahat.

أُطْلُبِ الْعِلْمَ مِنَ الْمَهْدِ إِلَى الَّلحْد

Artinya : ”Carilah ilmu sejak dari buaian hingga ke liang lahat”. (Al Hadits).

Sudah sangat jelas perintah Allah bahwa orang-orang yang berilmu akan dinaikkan derajatnya lebih tinggi dari orang-orang yang tidak berilmu.

Workshop_One_Step_Closer_to_Linux
Al-Ustadz Oddy Virgantara Putra, S.Kom, M.T sebagai pemateri pada workshop kali ini

Atas dasar itu dengan tujuan memperdalam keilmuan kita akan program studi yang kita emban sekarang, kita mengadakan Workshop One Step Closer to Linux yang bertepatan hari Selasa tanggal 3 September 2019 di Universitas Darussalam Kampus Mantingan untuk memperluas pengetahuan kita tentang Sistem Operasi Linux tentunya dengan praktek dalam instalasi Linux itu sendiri, Workshop One Step Closer to Linux ini diikuti oleh 36 mahasiswi Teknik Informatika yang terdiri dari semester 1 dan 3, dengan pakar Linux yang mumpuni diharapkan kita dapat memperdalam penguasaan kita dalam hal pengoperasian system operasi yang diciptakan pada tahun 1991 ini.

Workshop One Step Closer to Linux

Diisi oleh dosen yang menyukai coding sejak duduk di bangku kuliah yaitu Al-Ustadz Oddy Virgantara Putra, S.Kom, M.T. Workshop One Step Closer to Linux ini dimulai dengan beberapa kalimat pembuka dari Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Kampus Unida Mantingan Noor Cahyaningrum, lalu langsung dibuka dengan bacaan doa. Dengan berbekal komputer laboratorium yang berada di ruangan Mesir 204 atau dengan laptop milik peserta, kita belajar bagaimana menggunakan virtual box dan tentunya penginstalan Linux Ubuntu di dalamnya. Dengan harapan kita dapat berhijrah menuju Sistem Operasi yang open source karena tanpa pembajakan dan tentunya free. Pak Oddy sendiri telah istiqomah menggunakan Linux sejak satu tahun yang lalu, karena Linux sendiri merupakan system operasi yang reliable, stable, and very powerful.

Workshop One Step Closer to Linux

Beberapa hal yang beliau paparkan di Workshop One Step Closer to Linux diantaranya perintah-perintah dasar dalam pengoperasian terminal Linux, tentunya kita harus konsisten dalam menggunakan system operasi ini, maksudnya kita harus selalu suka membaca dan mencoba hal-hal baru agar dapat lebih memperdalam ilmu kita di bidang ini, seperti pengadaan study club khusus putrid an membaca buku-buku tentang Linux itu sendiri.

Leave a Reply

Close Menu