Setelah mempelajari berbagai macam ilmu khususnya desain grafis di ponorogo melalui workshop, pada hari senin hingga selasa pada tanggal 25-26 februari 2019, Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Darussalam Gontor Ponorogo mengadakan acara workshop pengajaran desain poster dengan menggunakan Adobe Photoshop tepatnya di SMA Muhammadiyah 3 Limau Jakarta. Pengadaan acara ini adalah wujud dari pengabdian mahasiswa kepada masyarakat dengan memberikan ilmu yang didapatnya guna untuk mengajarkan berbagai pengetahuan lebih seputar Software Editing tersebut dan pembelajaran bagi pemula sekaligus demi mewujudkan kemajuan para siswa siswi di SMA Muhammadiyah 3 Limau Jakarta khususnya dalam ilmu desain.

Para Siswa/I antusias dalam mengikuti tahap-tahap yang diberikan pemateri

Workshop dibimbing langsung oleh M. Nur Alfarizi, Fikky Aprico, dan Adi Darmanto. Acara dimulai dari pukul delapan pagi dengan pengenalan tentang Software Adobe Photoshop beserta tool-nya dan berbagai tahapan-tahapan dalam pembelajaran mengenai editing. Farizi sebagai pemateri dalam ajang tersebut menjelaskan tentang konsep editing yang akan dipelajari beserta tool-tool editing dan kegunaannya. Setelah itu beliau menjelaskan tata cara dalam editing desain poster berukuran kertas A4. Adapun Fikky dan Adi bertugas mengawasi serta menjelaskan pengarahan yang diberikan oleh pemateri secara praktek kepada para siswa/I sekaligus memandu mereka.

Siswa/I yang berjumlah 17 orang terdiri dari kelas 10 sampai 11 sangat antusias dalam pengarahan yang diberikan oleh pemateri. Setelah pengarahan, mereka dengan tanggap menjalankan tahap-tahap yang diajarkan. Adapun pemateri sekaligus pengawas turun langsung dalam pembimbingan ajaran yang telah diberikan sekaligus membenarkan jika ada kesalahan yang dilakukan di antara para siswa/I. pada akhirnya mereka sangat ceria ketika membuat desain poster karena dengan pembawaan yang sederhana, lugas, dan akurat membuat para siswa/I mudah dalam memahami proses sekaligus tata cara editing. Walaupun ada sebagian dari mereka yang masih membuat kesalahan dalam mempelajari, oleh karena itu dengan cepat para pembimbing pun juga memberikan solusi sekaligus ide-ide cemerlang dalam membuat desain poster tersebut.

Para siswa/I mencoba mengikuti contoh yang diberikan oleh pemateri

Adapun tahap-tahap pengajaran yang diberikan oleh pemateri adalah penjelasan konsep-konsep desain sekaligus tool-tool yang digunakan dalam editing desain poster pada hari pertama dan otodidak dalam pembuatan desain poster pada siswa/I untuk kelas mereka masing-masing pada hari kedua.

Pemateri terjun langsung dalam pengajaran desain poster

Setelah melalui pembelajaran yang panjang mengenai desain poster akhirnya para siswa/I mengerti dan bisa menyelesaikan editing desain poster walaupun ada beberapa dari mereka benar-benar belum pernah mendalami dunia editing termasuk editing desain poster. Workshop un akhirnya ditutup dengan pemberian penghargaan berupa sertifikat kepada pemateri. Adapun harapan para pemateri agar para siswa bisa mendalami dunia editing lebih lanjut dan bisa bermanfaat bagi masyarakat nantinya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.