Surabaya – Teknik Informatika Universitas Darussalam Gontor sebagai Program Studi yang baru berdiri di Universitas Darussalam Gontor terus melakukan pembelajaran untuk menjadi lebih baik. Pada tanggal 3-4 Februari yang lalu melaksanakan Study Banding ke Kampus Politeknik Elektronika Negri Surabaya (PENS) untuk melihat bagaimana kehidupan penelitian mahasiswa di kampus PENS. Bidang penelitian yang menjadi fokus untuk dipelajari adalah bagaiman PENS bisa mendapatkan prestasi yang baik di bidang Robotika.

K800_DSC_0236

TI UNIDA Gontor

 

Selain mengunjungi kampus PENS, di Surabaya kami juga bertemu dengan beberapa startup di Surabaya yakni Jelasin.com, Maulidan Production, Trafizap dan Dhezign. Keempat startup tersebut tergabung dalam satu komunitas yang dinamakan Gerdhu. Seluruh perusahaan startup yang tergabung dalam Gerdhu merupakan perusahaan yang memiliki idealisme yang sama. Idealisme mereka adalah berdakwah dengan teknologi informasi.

TI UNIDA Gontor

Saat bertemu dengan komunitas Startup, mahasiswa banyak mendapatkan informasi mulai dari pentingnya matakuliah untuk menunjang pekerjaan mereka dibidang IT. Kemudian mahasiswa juga menjadi termotivasi untuk membuat startup-startup baru.

Setelah bertemu dengan startup di Surabaya, perjalanan dilanjutkan ke kota Malang untuk bertemu dengan startup lainnya yakni, Inagata. Pertemuan dengan inagata dilangsungkan di Malang Digital Lounge (DiLo). Di sini mahasiswa mendapat pencerahan bagaimana memulai startup sejak masih berstatus mahasiswa. Kemudian bagaimana mahasiswa bisa survive di dunia startup.

TI UNIDA

Kunjungan di Malang diakhiri dengan refreshing ke Museum Angkut. Mahasiswa diajak untuk melepas penat selama perjalanan dan menikmati berbagai macam benda yang ada di Museum Angkut Kota Batu sebelum melanjutkan perjalan kembali pulang ke Ponorogo.

 

Leave a Reply