Surabya – SINTA (Science and Technology Index) Sistem informasi penelitian berbasis web untuk mengukur kinerja peneliti, institusi dan jurnal di Indonesia. SINTA memberikan tolok ukur dan analisis, identifikasi kekuatan penelitian masing-masing lembaga untuk mengembangkan kemitraan kolaboratif, untuk menganalisis kecenderungan penelitian dan direktori ahli.

Dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas pendaftar penulis di SINTA pada tahun anggaran 2018 Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan menggandeng STESIA Surabaya sebagai tuan rumah Pelatihan Verifikator Sinta untuk melaksanakan pelatihan yang diselenggarakan di Hotel Whyndam Surabaya. Kegiatan yang diselenggarakan pada 18-19 April 2018 dihadiri oleh 100 orang perwakilan Perguruan Tinggi yang ada di wilayah 7 (Jawa Timur).

Universitas Darussalam Gontor sebagai salah satu Perguruan Tinggi tidak lupa mengirimkan delegasi dalam acara Pelatihan Verifikator SINTA tersebut. UNIDA Gontor mengirimkan satu orang perwakilan untuk menjadi Verifikator SINTA di UNIDA Gontor. Diharapkan dengan adanya ferivikator dari internal kampus akan mempermudah pelayanan bagi Dosen dan Peneliti di lingkungan Universitas Darussalam Gontor dalam memanfaatkan SINTA.