Gontor – Sebagai Pondok Modern, Gontor berusaha untuk memperkanalkan teknologi komputer kepada para santri. Open Source sebagai teknologi terbuka dan bebas menjadi pilihan Gontor untuk diperkenalkan kepada para santri yang menempuh pendidikan di Pondok Modern Gontor. Dengan mengangkat tema “Menguak Rahasia Dibalik Open Source dan Pengaruhnya Terhadap Masyarakat Islam”, Gontor yang diinisialisasi oleh Darussalam Computer Center memberikan seminar untuk membuka wawasan para santri terkait teknologi open source.

Adapun pembicara pada acara seminar adalah ustd Taufik Affandi, M.Sc perwakilan Gontor TV yang membahas bagaimana pengalaman beliau beralih dari software berbayar menjadi open source software. Kemudian pembicara selanjutnya adalah Ustd Muhammad Nugraha, M.Eng Ketua Program Studi Teknik Informatika UNIDA Gontor menceritakan manfaat dan alternatif software open source yang bisa digunakan. Sebagai pembanding dari segi hukum islam, dihadirkan pula pembicara yang membahas sudut pandang hukum islam dalam menangani penggunaan software berbayar secara ilegal, materi tersebut disampaikan oleh Ustd Fatnan Ahmadi.

Gontor-Goes-Open-Source
Ketua Program Studi Teknik Informatika Menyampaikan Materi

Selain seminar Open Source, dilaksanakan juga Exhibition teknologi open source. Pada bagian exhibition, mahasiswa menampilkan bagaimana melakukan pengaturan Unmanned Aerial Vehicle (UAV) atau yang lebih akrab dengan sebutan Drone menggunakan software Open Source. Adapun software yang open source yang digunakan adalah OpenPilot.

Mahasiswa Menjelaskan Cara Kerja Quardcopter Drone
Mahasiswa Menjelaskan Cara Kerja Quardcopter Drone

Selain tim Drone, mahasiswa yang ikut melakukan exhibition adalah Kelompok Studi Linux (KSL) dan Kelompok Studi Web. Pada booth KSL, mahasiswa melakukan demonstrasi bagaimana cara melakukan installasi Sistem Operasi Linux dan menunjukkan aplikasi-aplikasi apa saja yang bisa menjadi alternatif software dari windows ke linux.

Mahasiswa melakukan demonstrasi installasi Linux
Mahasiswa melakukan demonstrasi installasi Linux

Kemudian untuk Kelompok Studi Web menampilkan beberapa portofolio website yang telah dikerjakan oleh mahasiswa. Kelompok Studi Web tidak sepenuhnya menampilkan penggunaan teknologi open source. Penggunaan open source pada sistem operasi Windows dilakukan untuk menujukkan bahwa open source tidak hanya bisa bekerja diruang lingkup linux saja tapi open source juga bisa ada di sistem operasi Windows. Adapun aplikasi open source yang ditampikan adalah XAMPP yang merupakan Open Source cross-platform web server. Selain itu penggunaan browser yang menjadi ruang demonstrasi website juga menggunakan aplikasi open source yakni Mozilla Firefox.

Mahasiswa memperkenalkan hasil karya dari kelompok studi web
Mahasiswa memperkenalkan hasil karya dari kelompok studi web

Acara Gontor Goes Open Source berlangsung selama satu hari, yakni pada hari Jum’at 12 Februari 2016 mulai dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00 di gedung Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM).

Para Santri antusias dalam melihat pameran
Para Santri antusias dalam melihat pameran
Dosen Program Studi Teknik Informatika sebagai pendamping pelaksanaan pameran
Dosen Program Studi Teknik Informatika sebagai pendamping pelaksanaan pameran

Dengan pengenalan penggunaan software secara legal diharapkan akan menjadi lebih berkah dalam mengerjakan tugas dan juga pekerjaan. Software Open Source menjadi jawaban bagi pengguna yang ingin menggunakan teknologi terbaru dengan mudah dan tidak berbayar.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.