Ponorogo, Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Unida Gontor (Himatif) telah mengadakan salah satu acara outdoor yaitu ‘IT – CAMP’ yang terletak di Telaga Ngebel, Kecamatan Ngebel Kabupaten Ponorogo yang diikuti oleh seluruh mahasiswa Teknik Informatika dari semester dua sampai semester enam. Tahun ini adalah pelaksaan IT – CAMP yang pertama kalinya di pimpin oleh teman – teman mahasiswa semester 4. Tujuan dari IT – CAMP ini adalah melaksanakan ‘Maqasidus Syariah’ yang berintegrasikan dengan teknologi yang terdiri dari : olah fikir, olah rasa, olah raga, olah dzikir, dll.

Dengan begitu mahasiswa Teknik Informatika tidak hanya melaksanakan kegiatan Camp saja, tetapi nilai edukasi agama juga tertanam didalamnya, sebagaimana para mahasiswa melaksanakan kerja bakti sosial dengan masyarakat, menghidupkan suasana masjid dengan sholat berjama’ah, dsb.

Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari satu malam, kegiatan IT CAMP meliputi perlombaan antar kelompok diantaranya, mendirikan tenda, tarik tambang, memasukkan air kedalam botol, memasukkan paku dalam botol, joget tomat, dll. Selain perlombaan, kegiatan yang lain seperti malam keakraban, testimoni yel yel, dan setiap kelompok diharuskan untuk menampilkan sebuah karya apapun di panggung utama IT CAMP. Di malam itu juga terdapat api unggun besar yang kita namai dengan sebutan ‘Api Persaudaraan’.

Disamping itu juga, kita mengadakan olah raga dengan lari pagi, dan dilanjutkan senam bersama di lapangan kodim telaga ngebel. Setelah itu kita melaksanakan kegiatan yaitu Hiking di hutan sekitar telaga ngebel, yang mana setiap peserta dibagi beberapa kelompok. Masing masing kelompok harus bisa melewati beberapa tantangan di setiap pos- pos yang telah disediakan oleh panitia IT CAMP, diantaranya jaringan laba- laba; masing masing kelompok harus melewati rongga yang terbuat dari tali yang mirip  dengan jaring laba- laba tanpa harus menyentuh jaring sedikitpun. Setelah sampai di pos terakhir, seluruh kelompok wajib mengumpul di basecamp untuk isitirahat sejenak dan mempersiapkan ibadah sholat jumat di masjid. Selanjutnya para mahasiswa mengabadikan moment terindah dengan foto bersama di area telaga ngebel.

‘Dengan IT CAMP ini, mahasiswa Teknik Informatika dipersatukan rasa kekeluargaannya dan juga rasa kebersamaannya dengan lingkungan alam yang bersahabat, menambahkan nilai ukhuwah islamiyah melalui pengabdian masyarakat’, Ujar ketua HIMATIF Muhamad Nuradi Arrahmantoro.

Leave a Reply