Selain pembelajaran di kelas, para mahasiswi juga membutuhkan pengetahuan yang berasal dari para praktisi dan para ahli di bidangnya secara langsung, oleh karena itu Prodi Teknik Informatika Universitas Darussalam mengadakan acara Studi Akademik, khususnya untuk mahasiswi semester 2 kampus Mantingan.

Bandung adalah kota terpilih menjadi tujuan studi akademik kali ini, pemilihan kota Bandung tidak lain karena kami melihat pesatnya perkembangan teknologi dan perusahaan start up yang ada disana. Tema yang diambil pada kegiatan studi akademik kali ini adalah “Technology Visit” dan dilaksanakan mulai tanggal 12 Februari 2019 hingga 13 Februari 2019 dengan destinasi; Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), PT. Dycode Cominfotech Development (DYCODE), Bandung Digital Valley (PT. Telekom Indonesia). Keberangkatan dimulai pada tanggal 11 Februari 2019 pukul 13:30 WIB dan sampai di Masjid Pusat Dakwah Indonesia (PUSDAI) pada 00:00 WIB dini hari.

Perfotoan bersama Narasumber dari LAPAN Bandung

Pembelajaran pertama dilakukan di Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional(LAPAN). LAPAN adalah salah satu tenaga kerja yang mengatur sistemasi penerbangan dan cuaca. LAPAN memiliki dua pusat (divisi) yaitu; Pusat Sains dan Antariksa, dan Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer. Para mahasiswi mendapat kesempatan pembelajaran di Pusat kedua yaitu, Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer.

LAPAN sendiri adalah bidang penelitian nasional milik negara yang bertugas di bidang penelitian dan perkembangan kedirgantaraan dan pemanfaatannya untuk masyarakat yang segala pelayanannya disediakan oleh pemerintah dengan hitungan Rp. 0,- (tanpa dipungut biaya) dan
sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres no. 49 tahun 2015). Lembaga ini pun memilik beberapa kelompok yang masing-masing mengurusi keantariksaan dan satelit seperti; BISMA, SADEWA, SEMAR, SRIKANDI, dan SANTANU. Salah satunya pun adalah ASTINA. ASTINA melaksanakan tugas penelitian dan pengembangan sains dan teknologi atmosfer tentunya di Indonesia.