Dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini, tuntutan terhadap metode pengajaran, pendidikan dan materinya juga meningkat. Untuk itu, Universitas Darussalam Gontor sebagai lembaga akademis yang berorientasi pada ilmu pengetahuan dan teknologi, menetapkan kurikulum berbasis Student Centered Learning (SCL) yang dinamis dengan mengakomodasi perkembangan yang ada dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan kegiatan yang memungkinkan mahasiswa untuk melihat langsung bidang kerja yang ada yaitu dengan kegiatan studi ekskursi.

Mahasiswa sedang memberikan pertanyaan pada acara diskusi di Lipi Informatika bandung
Mahasiswa sedang memberikan pertanyaan pada acara diskusi di Lipi Informatika bandung

Kegiatan ini dilaksanakan mulai pada tanggal 14 hingga 15 Maret 2017, yang diikuti oleh 87 peserta mahasiswa Teknik Informatika dan 8 orang pembimbing dari dosen. Di dalam kegiatan studi ekskursi, mahasiswa tidak hanya melalui proses pendidikan akademis saja tetapi juga melalui pendidikan non-akademis. Teknik Informatika sebagai jurusan yang berada di bawah naungan Fakultas Sains dan Teknologi berusaha menunjukkan ketanggapan akan pentingnya pengembangan potensi sumber daya manusia dalam bidang non-akademis melalui kunjungan para mahasiswa ke perusahaan-perusahaan yang berbasis teknologi informasi sebagai bentuk representasi dunia bisnis. Kegiatan seperti ini dianggap penting karena akan terjadi arus pertukaran informasi antara perusahaan dan dunia pendidikan dalam hal ini Perguruan Tinggi. Bagi para mahasiswa, arus informasi ini akan sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan dan wawasan mereka tentang dunia industri yang pada nantinya akan mereka hadapi setelah melalui proses belajar di Perguruan Tinggi (UNIDA Gontor).

Peserta Studi Ekskurs saat menyimak arahan instruktur di Balai Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) Bandung
Peserta Studi Ekskurs saat menyimak arahan instruktur di Balai Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) Bandung

Tujuan Kunjungan Studi Ekskursi kali ini adalah:

  1. Pusat Penelitian Informatika – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. P2I Bandung
  2. Pusat Sains Antariksa LAPAN Bandung
  3. Pusat Sains & Teknologi Nuklir Terapan BATAN Bandung
Peserta Studi Ekskursi di Lembaga Antariksa Nasional (LAPAN) Bandung
Peserta Studi Ekskursi di Lembaga Antariksa Nasional (LAPAN) Bandung

Kegiatan Studi Ekskursi ini bertujuan untuk:

  1. Membekali mahasiswa Teknik Informatika yang diharapkan mampu menguasai lintas bidang keilmuan dengan dasar keahlian yang kuat, mempunyai wawasan yang luas dan terintegrasi serta mempunyai kepercayaan diri dalam proses penyesuaian di lingkungan kerjanya.
  2. Menambah pengetahuan mahasiswa tentang aplikasi keilmuan dari Teknik Informatika di dunia industri dan perusahaan pada umumnya. Sehingga diharapkan akan menjadi sumber daya manusia mumpuni yang memenuhi kebutuhan dunia industri dalam bidang TIK.
  3. Membuka peluang bagi mahasiswa Teknik Informatika UNIDA Gontor untuk melaksanakan kerja praktek dan tugas akhir di dunia industri.
  4. Memperkenalkan kompetensi program studi Teknik Informatika UNIDA Gontor kepada perusahaan atau instansi yang dikunjungi.

Leave a Reply