Salah satu mahasiswa S1 Teknik Informatika Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor Alimul Hakim, Berkesempatan mengikuti program pemberdayaan masyarakat yang diselenggarakan oleh YouCan (Youth Center to Act for Nation). YouCan melakukan pengabdian masyarakat lintas disiplin ilmu dan memfasilitasi pemuda yang berkomitmen untuk mengembangkan diri dalam pemberdayaan masyarakat dan memberikan kontribusi positif dan nyata bagi masyarakat, baik dalam bidang lingkungan, pendidikan, ekonomi, dan kesehatan.

Program ini diselenggarakan pada tanggal 2 Februari – 17 Februari 2018 di Pulau Batanta, Desa Yenanas Kabupaten Raja Ampat, Irian Barat. Untuk menuju desa ini, menempuh perjalanan selama 5 hari 5 malam melalui transportasi laut di awali dengan keberangkatan dari pelabuhan Tanjung Perak (Surabaya) ke pelabuhan Sorong (Papua) dan dilanjutkan dengan perjalanan menuju Pulau Batanta (Raja Ampat) selama 6 jam menggunakan Taksi Laut (sebutan masyarakat timur). Selain dari UNIDA Gontor terdapat 90 peserta dari berbagai kampus di Indonesia.

Minggu sore jam 18.00 WIT , 11 Februari 2018 di awali dengan sambutan dari masyarakat setempat, kemudian dilanjutkan dengan pembukaan pada malam harinya bersama sesepuh dan masyarakat setempat dengan menyampaikan maksud dan tujuan datang ke Desa Yenanas untuk melakukan pengabdian masyarakat dengan berbagai kegiatan dan program yang telah disusun. Adapun bidang lingkungan pengenalan kepada masyarakat tentang teknologi pemanfaatan sumber daya alam dan juga penanggulangan kebersihan.

Peserta lingkungan juga mengenalkan anak – anak didik dengan Teknik Informatika, yaitu dengan menjelaskan kepada mereka betapa pentingnya teknologi di era globalisasi ini. Salah satu teknologi yang dikenalkan kepada masyarakat adalah hydrophonic tanaman, dan juga filter air dari zat kapur tak lupa pula dengan Teknik kebersihan melalui pembuatan dam penampung sisa pembuangan (sampah, baik yang organik maupun non organik). Masyarakat sekitar juga merasa mendapat pelajaran dan manfaat yang banyak dengan adanya program ini, dan mereka berharap program ini menjadi rutinitas tahunan bagi mahasiswa Indonesia yang ingin mengabdikan dirinya kepada Negeri melalui ikut program yang membangun masyarakat pedalaman dan pelosok Nusantara baik itu dari bidang ekonomi, kesehatan, Pendidikan (keilmuan), ataupun bagian lingkungan  yang ikut juga membantu masyarakat untuk maju baik dalam relasi maupun teknologi.