Setelah kegiatan workshop yang diadakan untuk tujuan pengenalan, selanjutnya Rabu, 3 Oktober 2018 mahasiswi Teknik Informatika kampus Mantingan mengadakan workshop LED Running Text, wokshop ini bertujuan agar mahasiswi nantinya diharapkan dapat merakit dengan benar LED Running Text, guna memberi pengetahuan yang lebih, maka tidak hanya teori semata namun diadakan acara yang memang penting nantinya untuk kemajuan mahasiswi Teknik Informatika Universitas Darussalam Gontor Kampus Putri Mantingan.

Ustadz Shoffin Mencontohkan Perakitan LED

            Workshop yang dibimbing langsung oleh Al-Ustadz Shoffin Nahwa Utama, S.Kom., M.T. ini dimulai pukul delapan pagi dengan pengenalan beberapa komponen rakitan yang telah disediakan, beliau menjelaskan beberapa barang yang di butuhkan untuk proses perakitan seperti power supply, controller, panel P10 dan kabel-kabel serta beberapa alat yang  dipakai dalam proses perakitan tersebut.

Mahasiswi Mencoba Hasil Perakitan

            Dalam workshop tersebut Al-Ustadz Shoffin tidak sendirian membantu perakitan Running Text tersebut namun, Al-Ustadz Andi Triyawan, M.A. membantu proses perakitannya. Mahasiswi program studi Teknik Informatika Kampus Putri yang berjumlah 30 mahasiswi santri terbagi menjadi tiga kelompok yang masing-masing merakit satu rakit LED Running Text berjumlah tiga panel P10. Setelah penjelasan singkat oleh pembimbing maka dengan cepat kelompok merakit komponen –komponen yang telah tersedia dan menggabungkannya untuk memulai perakitan tersebut. Al-Ustadz Shoffin membimbing setiap kelompok dalam proses perakitan tersebut, proses perakitan memang sederhana jika sudah memahaminya dengan jelas, namun akan sulit dan konslet jikalau salah memasukkan salah satu kabel saja. Tips dari beliau adalah agar tetap memperhatikan komponen yang akan dirakit dengan memasangkan kabel yang benar serta pasangan kabel yang tepat, agar nantinya tidak terjadi kesalahan yang fatal yang menyebabkan tidak menyalanya lampu running text tersebut.

Perakitan Komponen LED
Smart Robot Arduino           

Setelah proses perakitan tiga kelompok tersebut, maka masing-masing kelompok menyalurkan hasilnya ke aliran listrik guna mengetahui menyala atau tidaknya lampu running text masing-masing kelompok, hasil membuktikan ketiga kelompok telah berhasil menyelesaikan proses perakitan tersebut. Tidak hanya perakitan tapi Al-Ustadz Shoffin membawa salah satu robot yang didesain menggunakan remote control yang disambungkan dengan handphone melalui bluetooth, beliau memaparkan beberapa variasi model pengontrolan yang digunakan robot tersebut. Beliau pun memberikan support kepada mahasiswi kampus Mantingan untuk lebih bersemangat dalam belajar pengetahuan yang lebih meluas lagi di program studi Teknik Informatika ini, diharapkan nantinya mahasiswi dapat lebih mengembangkan ilmunya dalam perkuliahannya. Para mahasiswipun dipersilakan untuk mencoba mengemudikan robot kecil yang beliau bawa. Workshop tersebut ditutup dengan pemberian sertifikat penghargaan kepada para pembimbing, harapan pembimbing para mahasiswi dapat mengaplikasikan ilmunya dalam kesehariannya. (Fajar Deny TI1 Mantingan) .