Perayaan 1 Muharram atau lebih dikenal dengan tahun baru islam acap kali dibanding-bandingkan dengan perayaan tahun baru masehi. Ramainya suasana menyambut tahun baru masehi yang gegap gempita membuat banyak umat muslim juga ikut merayakan tahun baru dengan meriah. Lain lagi di pulau Jawa, perayaan 1 Muharram atau disebut juga 1 Suro pada penanggalan Jawa banyak mengandung unsur-unsur mistis. Di Ponorogo saat ini bahkan diadakan festival menyambut 1 Suro dengan berbagai macam festival budaya khususnya Reog Ponorogo dan Wayang Kulit.

Meriahnya perayaan 1 Muharram di Ponorogo tidak berpengaruh pada Mahasiswa Santri dilingkup Universitas Darussalam Gontor. Menjelang 1 Muharram seluruh Mahasiswa dilarang untuk keluar dari area kampus kecuali dengan alasan yang benar-benar kuat dan di bawah pengawasan pada Ustadz.

K800_IMG_20151013_165418

Sejak sore hari gerbang kampus yang menjadi satu-satunya akses keluar dan masuk kampus UNIDA Gontor pun ditutup dan dijaga oleh Ustadz pengasuhan. Hanya orang-orang tertentu saja yang akan mendapatkan izin untuk keluar maupun masuk ke area kampus.

Pelarangan untuk keluar dari area kampus menjelang 1 Muharram sampai dengan malam tanggal 2 Muharram tentu tidak tanpa alasan. Pelarangan ini tidak hanya terjadi pada Kampus UNIDA saja, namun berlaku pada seluruh santri di Gontor. Alasan pelarangan adalah untuk menjaga Santri dan Mahasiswa untuk mengikuti perayaan-perayaan yang tidak sesuai dengan tuntunan Agama. Pada malam 1 Suro masyarakat suku Jawa seringkali mengait-kaitkan dengan hal-hal klenik yang menurut Pondok Modern Gontor mengarah kepada kemusyrikan. Selain itu pelarangan juga ditujukan untuk mengurangi interaksi antara Santri dan Mahasiswa pada hiburan-hiburan yang terkadang juga tidak sesuai dengan nilai-nilai yang ada di Pondok Modern.

K800_IMG_20151013_165503 K800_IMG_20151013_165714

K800_IMG_20151013_165545

Pelarangan untuk meninggalkan area kampus tidak menjadi beban bagi para Mahasiswa. Kegiatan olahraga sore pun berjalan seperti biasa, dengan penuh semangat dan keringat. Esok hari tanggal 1 Muharram akan dilaksanakan berbagai macam acara baik lomba-lomba antar Mahasiswa sampai dengan acara Expo Daurssalam yang akan dilaksanakan di Pondok Modern Gontor.