Dihin Muriyatmoko, salah satu dosen Teknik Informatika, mendesiminasikan artikel berjudul “Impact of Private Editor Article Citations to Journal Citation: a case of Indonesian Accredited “A” Journal” dalam acara “International Seminar Annual Applied Science and Engineering Conference (AASEC 2018),” yang diselenggarakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia di Grand Tjokro Hotel, Jl. Cihampelas, Bandung, Jawa Barat pada hari Rabu, 18 April 2018.

Penelitian ini dilandasi latar belakang dimana Dihin merupakan editor-in-chief Fountain of Informatics Journal yang berkolaborasi dengan seorang dosen Agroteknologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Darussalam Gontor yaitu Haris Setyaningrum yang mana ia juga merupakan editor-in-chief pada Gontor Agrotech Science Journal.

Dalam artikelnya menekankan bahwa editor adalah key dari jurnal dan orang yang paling menentukan sekaligus bertanggungjawab atas perkembangan jurnal, Penelitian tersebut menganalisis 12 jurnal terakreditasi A yang ada di Indonesia menggunakan regresi linier, yang mana jurnal tersebut adalah tauladan bagi perkembangan jurnal yang lain karena memiliki kualitas artikel dan pengelolaan tertinggi secara nasional. Hasilnya menunjukkan bahwa peran seorang editor-in-chief sangat penting namun, jumlah sitasi dari artikel editor-in-chief tidak berpengaruh secara signifikan terhadap jumlah sitasi jurnal yang dikelolanya. Selain itu hasil uji statistik, menunjukkan bahwa jika jumlah sitasi seorang editor-in-chief naik maka jumlah sitasi jurnalnya juga ikut naik.

Presentasi dalam AASEC 2018

Selain acara presentasi Call for Paper, dalam acara tersebut juga diselenggarakan seminar internasional yang bertemakan “Ideas for Sustainable Green Energy” diikuti oleh berbagai Lembaga dan Pendidikan tinggi yang ada di Indonesia dan Asia, diantaranya dari BATAN (Badan Tenaga Nuklir Nasional), Tokyo Institute of Technology Japan, University Pahang Malaysia, Taylor University Malaysia,  Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Environmental Engineering Universitas Trisakti, Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH), Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Politeknik Negeri Malang (POLINEMA), Sekolah Tinggi Teknologi Garut (STT Garut), Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung (UIN SGD), Universitas Kanjuruhan Malang (UNIKAMA), Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA), Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS), and Universitas Warmadewa.

Beberapa keynote speaker yaitu Prof. Dr. Abdulkareem Shafiq Mahdi Al-Obaidi (Taylor University Malaysia) seorang ahli kimia menyampaikan tentang sumber energi terbarukan dan tak terbarukan, Dr. Eng. Teddy Kurniawan (University Pahang Malaysia) seorang ahli solid state chemistry menyampaikan presentasi tentang High-temperature Oxidation, Dr. Lala Septem Riza (Universitas Pendidikan Indonesia) menyampaikan Implementing algorithms of rough set theory and fuzzy rough set theory, Dr. Eng. Topan Setiadipura (National Nuclear Agency Indonesia) menyampaikan tentang komputasi nuklir dan Dr. Eng. Farid Triawan (Tokyo Institute of Technology Japan/Sampoerna University Indonesia) menyampaian presentasi tentang data science yang ada di dunia.

Dihin juga menyempatkan diri untuk mengunjungi Telkom University Bandung dalam rangka pengembangan Fountain of Informatics Journal, Universitas Darussalam Gontor dan publikasi ilmiah yang nantinya beberapa dosen dari Telkom University diantaranya Rahmat Fauzi, MT dan Edi Sutoyo, M.Cs, akan dijadikan editor maupun reviewer dan bisa saling tukar menukar artikel antar jurnal yang ada di UNIDA Gontor dan Telkom University. Banyak sekali manfaat yang bisa diambil dari acara ini diantaranya sharing keilmuan dalam bidang Teknik Informatika dan lintas disiplin keilmuan, wahana silaturahmi antar peneliti dan dosen, meningkatkan publikasi seminar internasional terindex lembaga yang bereputasi, meningkatkan pengetahuan dalam hal penyelenggaraan publikasi seminar internasional, memperkaya bahan mata kuliah metodologi penelitian bahasan pada publikasi ilmiah dan melatih pengalaman dalam mempresentasikan artikel Bahasa internasional.

Terima kasih atas dukungan semua pihak Semoga Allah SWT memberikan ridho dan kemudahan sehingga acara ini membawa manfaat kepada mahasiswa Teknik Informatika UNIDA Gontor khususnya dan Lembaga pada umumnya.