VISI

Menjadi Program Studi bermutu dan berarti yang bersistem pesantren sebagai pusat pengembangan islamisasi ilmu pengetahuan dibidang Computer Network dan Software Engineering.

 

Untuk memperjelas makna dari rumusan visi diatas, maka dipaparkan tentang pengertian dari beberapa kata kunci sebagai berikut :

  1. Bermutu,

Prodi TI UNIDA Gontor secara terencana melaksanakan Tridharma perguruan tinggi dengan didukung segala sarana dan prasarana yang memadai sehingga memiliki kualitas manajemen prodi yang baik.

  1. Berarti,

Prodi TI UNIDA Gontor dapat memberikan kontribusi nyata terhadap perkembangan keilmuan pada bidang computer network dan software engineering ditingkat lokal, nasional maupun internasional melalui pelaksanaan Tridharma dan peran alumni Prodi TI UNIDA Gontor.

  1. Sistem pesantren,

Kampus UNIDA Gontor tidak hanya memiliki tri pusat pendidikan tapi catur pusat pendidikan yang terdiri dari masjid sebagai pusat kegiatan, kiai sebagai figur sentralnya, asrama sebagai penjelmaan masyarakat dan keluarga, kegiatan akademik sebagai pendidikan formalnya. Dengan keempat pusat pendidikan ini, dosen dan mahasiswa dapat hidup bersama di bawah nilai-nilai keislaman seperti keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, Ukhuwah Islamiyah, dan kebebasan. Semua nilai keislaman ini dan lainnya mengendalikan seluruh kegiatan sehari-hari di kampus yang bersistem pesantren.

  1. Islamisasi ilmu pengetahuan,

Merupakan upaya yang dilakukan untuk mengkaji, memahami, melihat dari sudut pandang ajaran islam yang universal. Islamisasi ilmu pengetahuan disini tidak hanya berarti seruan untuk mewujudkan keserasian antara ilmu pengetahuan manusia dengan tuntunan agama, tetapi juga mengantisipasi semua aktifitas keilmuan manusia pada dua tingkat, teori dan praktek sekaligus. Hal ini bertujuan agar kegiatan keilmuan tersebut terwujud dan terbentuk dalam lingkup landasan iman sesuai dengan tuntunan dan persepsinya yang universal dengan meneladani ilmu-ilmu lain.

 

Misi

Adapun misi prodi Teknik Informatika UNIDA Gontor adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dengan mengutamakan kepribadian islam, ilmu pengetahuan, dan keterampilan dalam bidang computer network dan software engineering.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang bermutu dibidang informatika sebagai proses islamisasi ilmu pengetahuan.
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat dalam rangka mewujudkan kesejahteraan umat manusia.
  4. Menjalin kerjasama dengan berbagai institusi baik nasional ataupun internasional.