Delegasi Teknik Informatika Universitas Darussalam Gontor dalam kompetisi Informatics Vocation Festival (Invofest) 2016 meraih dua gelar Juara dalam IT Competition pada hari  Sabtu (29/11). Acara yang diselenggarakan oleh D-4 Teknik Informatika Poloteknik Harapan Bersama, Tegal berlangsung selama hari Jum’at(28/11). Diikuti oleh para mahasiswa dari berbagai kampus di Indonesia, IT Competition mencakup dua kategori yaitu Logic Programming dan Database Programming.

1478059887_tmp__mg_7421
Dalam kategori Logic Programming, peserta harus menyelesaikan soal yang diberikan oleh panitia dalam waktu yang ditentukan. Permasalahan yang ditemui harus diselesaikan dengan menggunakan Bahasa pemrograman C++ atau Java. Masing-masing peserta berpacu dengan waktu yang telah ditentukan untuk dapat berpikir, menentukan solusi dan mengkode secepat mungkin. Tak hanya itu, program yang diselesaikan peserta juga harus memenuhi kriteria yang tertera dalam soal. Satu mahasiswa delegasi yaitu Muhammad Syakir Arif (TA 2015) berhasil meraih Peringkat ke-2 seletah peserta dari Institut Teknologi Bandung dan diikuti peserta dari Politeknik Harapan Bersama diposisi ketiga.

1478060305_tmp__mg_7431
Selain itu, tiga mahasiswa delegasi untuk kategori Database Programming yaitu: Muhammad Ibrahim (TA 2015), Achmad Faiz Mukhlas (TA 2015) dan Muhammad Mahfuz (TA 2014). Dalam kategori ini, peserta harus dapat menyusun dan menampilkan data sesuai kriteria yang tertera dalam soal. Kecepatan dan ketepatan dalam menampilkan data adalah kunci untuk memenangkan kompetisi ini. Database dioperasikan dengan menggunakan Bahasa Pemrograman Sql yang dikodekan dalam Command Prompt. Terpilih menjadi juara dalam kompetisi ini adalah Muhammad Mahfuz (TA 2015) diposisi ketiga setelah peserta dari Politeknik Harapan Bangsa diposisi pertama dan peserta dari Universitas Atma Jaya di posisi kedua.
Tentunya prestasi ini tercapai atas usaha, bimbingan dari para dosen serta do’a restu yang menyertai. Harapannya, prestasi ini dapat memotivasi teman-teman mahasiswa Teknik Informatika khususnya untuk dapat mencapai prestasi yang lebih banyak lagi.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.