Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (Aptikom) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) bertempat di UPI Convention Center pada 22-24 Oktober.

Kegiatan rakornas kali ini mengangkat tema “Pengembangan standar kualitas pendidikan informatika dan komputer di Indonesia”. Acara tersebut dihadiri para dosen dari perguruan tinggi informatika dan komputer di seluruh Indonesia.

Ketua Aptikom Prof Zainal A Hasibuan mengatakan pertumbuhan teknologi saat ini sangat cepat tapi sayangnya tidak diiringi dengan kualitas pendidikan. Apalagi pada Desember 2015 Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) akan mulai efektif untuk dijalankan.

Universitas Darussalam Gontor dari Prodi Teknik Informatika sebagai tindak lanjut dalam mengembangkan standar kualitas pendidikan informatika dan komputer di Kampus Damai Universitas Darussalam Gontor, mengikuti Rakornas APTIKOM di Padang Sumatera Barat.

Untuk itu  momentum rakornas ini dapat dimanfaatkan untuk saling berbagi pengalaman, ilmu pengetahuan dan  info terbaru baik tentang teknologi maupun kebijakan.

Pada kegiatan rakornas tersebut juga turut dihadiri oleh Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti Prof Intan Ahmad. Ia memaparkan mengenai  kesiapan pendidikan tinggi Indonesia menghadapi MEA.

Ia menyebutkan, saat ini hanya 10 persen tenaga kerja di Indonesia yang berpendidikan tinggi, selebihnya hanya pendidikan dasar saja. Dan Indonesia berada di bawah Malaysia.

Sementara itu Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah X Hanafi berharap perguruan tinggi harus mampu menyiapkan para lulusan yang tidak hanya mampu bersaing di tingkat nasional sama juga di tingkat dunia.

Gambar 1. Klinik Akreditasi APTIKOM

SAM_7974

Gambar 2. Acara Pembukaan Aptikom

SAM_7923

Gambar 3. MOU dengan Sun Moon University

ok2