INFORMATIKA UNIDA GONTOR, Festival Informatika Nasional kembali hadir yang dilaksanakan oleh Universitas Darussalam Gontor (UNIDA Gontor) Ponorogo pada tanggal 5 November 2017. Festival ini dilaksanakan untuk tingkat SMA/SMK/ MA dan Pondok Pesantren sederajat. Event ini dikenal dengan nama DIRECT (Darussalam Informatics and Robotics Competition), pelaksanaan tahun ini adalah tahun kedua.

Akan tetapi perbedaanya pada rangkaian acara, untuk tahun 2017 ini perlombaanya terdapat tiga macam kategori diantaranya : LFRC ( Line Follower Robotics Competition), SMC ( Short Movie Competition), dan WDC ( Web Design Competition). Dibandingkan dengan tahun lalu Direct2016 kategori lomba nya lebih banyak.

Pembukaan DIRECT2017 di buka oleh Bapak Rektor Universitas Darussalam Gontor Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A. Sedangkan kuliah umum nya di sampaikan oleh KABADAN MENKOMINFO PUSAT RI bersama Bapak Dr. Ir. Basuki Yusuf Iskandar, M.A. Kuliah umum ini diikuti oleh mahasiswa Universitas Darussalam Gontor dan umum. Beliau menyampaikan terkait perkembangan dan penerapan teknologi yang digunakan pada saat ini. Kuliah umum ini dilaksanakan pada pagi hari tepatnya pukul 08.00 WIB di Main Hall Lantai 4 UNIDA Gontor, dan selesai pada pukul 11.00 WIB.

Kuliah Umum
Kuliah Umum bersama Dr. Ir. Basuki Yusuf Iskandar, M.A. di Main Hall Gedung Terpadu Lantai 4 Universitas Darussalam Gontor
Foto bersama pemateri
Foto bersama pemateri, rektor dan jajarannya beserta seluruh
peserta kuliah umum DIRECT2017

Setelah kuliah umum, rangkaian acara selanjutnya yaitu perlombaan yang akan dimulai setelah dhuhur tepatnya pada pukul 13.00 WIB. Sedangkan untuk kategori SMC dan WDC dilaksanakan setelah kuliah umum di lantai 4. Untuk perlombaan LFRC sendiri jumlah peserta tediri dari 16 TIM. Sedangkan untuk kategori SMC 6 TIM dan WDC 6 TIM juga.

Pelaksanaan LFRC di tempat Lantai 1 tengah UNIDA Gontor, LFRC ini menggunakan sistem gugur pada semua babak kualifikasi (penyisihan sampai final). Sehingga tim yang kalah tidak bisa bermain dua kali, peserta LFRC merupakan berkelompok atau TIM dimana satu TIM terdiri dari tiga orang.

Sedangkan untuk kategori SMC, peserta diminta untuk presentasi diharapan para juri secara langsung yang sebelumnya sudah upload hasil karya video masing masing di You Tube. Untuk penilaian dari SMC sendiri yaitu dari orisinilitas, kreatifitas, tujuan film, maupun kesesuaian film, peserta SMC merupakan berkelompok atau TIM dimana satu TIM terdiri dari tiga orang.

Sedangkan untuk kategori WDC, peserta diminta untuk live- coding di tempat sesuai dengan studi kasus yang diberikan oleh panitia. Peserta WDC tidak berkelompok alias individual. Untuk penilaian WDC sendiri dari kreatifitas, tema, desain interface (UI)/ (UX), rasionalitas dll.

Suasana perlombaan LFRC (Line Follower Robotics Competition)
Suasana perlombaan WDC (Web Design Competition)
Suasana perlombaan SMC (Short Movie Competition)

Seluruh kategori lomba selesai pada pukul 16.00 WIB dan diumumkan pada pukul 16.30 WIB di panggung DIRECT2017 Lantai 1 UNIDA Gontor. Untuk masing masing kategori di ambil juara 1, 2, 3 baik LFRC, SMC, maupun WDC.

Juara kategori LFRC di menagkan oleh MAN 02 Nganjuk, Juara 1 diraih oleh TIM I.A.R.T Albimaro, Juara 2 diraih oleh TIM I.A.R.T Thauful Asad, Juara 3 diraih oleh TIM I.A.R.T Alfa Junior.

Sedangkan untuk kategori SMC, juara 1 diraih oleh TIM North B- Side dari sekolah SMKN 2 Madiun, Juara 2 diraih oleh TIM Skanser Cinema dari sekolah SMKN 1 Bulukerto, Juara 3 diraih oleh TIM Multimedia IT Side dari sekolah SMKN 2 Madiun.

Adapun untuk kategori WDC, juara 1 diraih oleh siswa yang bernama Wildan Afta Azzidani dari sekolah SMKN 1 Bulukerto, juara 2 diraih oleh siswa yang bernama Agung Prabowo dari sekolah SMKN 1 Badegan, dan juara 3 diraih oleh siswa yang bernama Bagus Untung Saputra dari sekolah SMKN 1 Adiwerna.

Juara lomba LFRC (Line Follower Robotics Competition)
Juara lomba SMC (Short Movie Competition)
Juara lomba WDC (Web Design Competition)

Alhamdulillah pada pelaksanaan acara DIRECT2017 ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses dari rangkaian petama (Kuliah Umum) hingga pembagian juara lomba setiap kategori. Semoga segala kekurangan pada tahun ini menjadikan pengalaman dan membuat DIRECT2018 menjadi lebih baik dan sukses lagi. Amiin

Foto bersama seluruh panitia DIRECT2017 di Gedung Terpadu lantai 1 Universitas Darussalam Gontor

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.