Big data dapat dimaknai sebagai pengembangan dari pandangan tradisional dalam pengelolaan data yang dahulunya sangat bergantung pada basis dari relasional, dimana unstructured data harus mulai dikelola agar dapat mendukung proses pengambilan keputusan. Sumber data baru ini, yaitu unstructured data, berdampak pada lonjakan ukuran dan kompleksitas yang melebihi kapasitas dan kapabilitas metode Teknik dan system konvensional yang telah ada. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan baru dalam melakukan pengelolaan.

Untuk itu, program studi Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi Mengadakan acara Seminar Nasional dengan tema Big data. Acara yang diselenggarakan pada hari ahad, 23 April 2017 ini sangat membantu dalam pengenalan Big data kepada para peserta seminar.

Acara yang sering diadakan di hall gedung utama lantai 4 universitas Darussalam gontor ini diisi oleh para pakar dari ID Big Data, yaitu Bapak Sigit Prasetyo sebagai Chairman ID BIGDATA Indonesia, dan juga Bapak Arief Dolants sebagai Product Development Manager ID BIGDATA Indonesia. Acara ini mendapat sambutan hangat dari para peserta dari berbagai kalangan, mulai dari Mahasiswa, Dosen dan umum hingga mahasiswa dari univesitas di Yogjakarta pun hadir.

Para peserta juga diberi kesempatan untuk bertanya kepada para pakar Big Data tersebut untuk menambah suasana seminar menjadi semakin seru, adapula pembagian Doorprize berupa kaos dari ID Big Data bagi peserta yang dating pertama kali ke tempat seminar. Acara ini ditutup dengan pemberian cinderamata dan terakhir ditutup dengan sesi perfotoan Bersama.

Leave a Reply