[dropcap]P[/dropcap]enerbitan jurnal merupakan salah satu hal yang krusial dalam dunia perguruan tinggi. Ini karena fungsi jurnal sebagai ikon yang cukup penting bagi keberlangsungan penelitian di perguruan tinggi. Untuk itu, penanggungjawab jurnal ilmiah Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor mengadakan pelatihan “Intensive Training on E-Journal Management Using Open Journal System.” Pelatihan yang diselenggarakan pada Senin, 07 Maret 2016 itu bertempat di Gedung Terpadu lantai satu UNIDA Gontor.
Pelatihan ini mengundang seluruh penanggungjawab jurnal fakultas dan prodi di lingkungan UNIDA. Acara yang dimulai pada jam 09.00 WIB itu diawali dengan paparan tata kelola terbitan berkala ilmiah yang disampaikan oleh Harda Armayanto, selaku kabag jurnal ilmiah UNIDA. Dalam paparannya, ia menjelaskan tiga tahap penting pengelolaan jurnal di perguruan tinggi. Ia juga memaparkan beberapa kesalahan fatal pada proses editing jurnal, sekaligus memberikan beberapa contohnya.
Pada sesi selanjutnya, Lalu Ganda Rady Putra, S.Kom dan Muhammad Nugraha, M.Eng menambah wawasan peserta tentang proses indeksasi jurnal dengan menggunakan Open Journal Systems (OJS). Melalui program ini, peserta dilatih cara menginput file jurnal ke website. Sebagai tindak lanjut, peserta mendapat aplikasi OJS 2.4.5. Aplikasi ini digunakan untuk sarana latihan setelah acara pelatihan ini usai. Dengan aplikasi ini, peserta diharapkan mampu meningkatkan kemampuannya dalam menginput file jurnal ke website.

Oleh: LPP UNIDA Gontor