Surabaya – Praktik Kerja Lapangan (PKL) adalah salah satu mata kuliah di Teknik Informatika UNIDA Gontor yang mewajibkan mahasiswa untuk bekerja magang di Industri IT sesuai dengan passion setiap mahasiswa. Multimedia dalam hal ini Games menjadi salah satu bidang yang cukup diminati oleh mahasiswa UNIDA Gontor.  Hal ini lah yang menjadi dasar bagi mahasiswa untuk memilih tempat magang untuk menyelesaikan mata kuliah PKL.

Maulidan Games, sebagai studio game di Indonesia yang memproduksi game digital berbasis web maupun perangkat mobile juga berperan dalam pengembangan keahlian mahasiswa calon developer games dengan cara menerima mahasiswa untuk magang (PKL) di studio mereka. Mahasiswa tidak hanya menuntaskan kewajiban dari pihak kampus secara formal namun mahasiswa juga dibimbing dengan baik untuk menjadi developer games dimasa mendatang.

“Dalam pembuatan games tidak hanya kemampuan teknis individu yang diperlukan, namun pengetahuan terkait hal-hal yang berkaitan dengan games juga perlu diketahui oleh mahasiswa”, ujar Ramadhany Chandra (Chief Operating Officer) Maulidan Games.

Dalam pelaksanaan PKL di Maulidan Games, mahasiswa tidak hanya meningkatkan kemampuan individu dalam teknis pembuatan games maupun komponen-komponen di dalamnya. Kemampuan kerjasama tim dan management waktu juga menjadi fokus pembimbingan mahasiswa magang.

“Di Maulidan biasanya ada sesi materi terkait dengan teori-teori dasar yang ada di lingkungan games. Hal tersebut perlu kami sampaikan karena selain kemampuan teknis, pengetahuan dasar teori bisa menjadi shortcut untuk mengubah kerja keras menjadi kerja cerdas.”, lanjut Ramadhany Chandra dalam kunjungan monitoring PKL UNIDA Gontor di kantor Maulidan Games.