Aplikasi Durus Al-Lughah jilid 1 dengan Direct Method (metode langsung) adalah pengembangan dari aplikasi Durus Al-Lughah Jilid 1 yang menggunakan metode gramatika terjemah dan audiolingual. Aplikasi ini mempunyai tujuan khusus untuk membantu calon mahasiswa Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor yang bukan dari alumni pondok untuk mengerjakan ujian penerimaan calon mahasiswa baru khususnya dalam bahasa Arab. Tujuan umum aplikasi ini, proses belajar menggunakan media buku tidak memungkinkan dilakukan jika dalam kondisi tertentu, seperti
halnya seseorang yang sedang dalam perjalanan/tidak punya cukup banyak waktu/memberatkan jika harus membawa banyak buku, maka aplikasi ini sebagai pembantu media pembelajaran bahasa Arab versi Pondok Modern
Darussalam Gontor.

Konten aplikasi berasal dari buku Durus Al-Lughah karya K.H. Imam Zarkasyi dan K.H. Imam Syubani. Buku tersebut digunakan dalam proses belajar-mengajar di Pondok Modern Darussalam Gontor. Media pembelajaran ini menerapkan metode langsung yang membuat para pengguna paham tanpa diterjemahkan ke dalam bahasa ibu.

Pengerjaan aplikasi tersebut menggunakan pendekatan waterfall. Pengujian dilakukan dengan 6 cara, di antaranya spesifikasi ukuran layar android berukuran 4.5 inchi dengan jenis sistem operasi minimal ICS (4.0.4), seorang ahli materi pembelajaran bahasa Arab memberikan penilaian rata-rata 100%, seorang ahli media pembelajaran memberikan penilaian rata-rata 93,34%, mahasiswa non KMI/bukan alumni pondok/matrikulasi memberikan penilaian rata-rata 90,5%, dan hasil penilaian dari mahasiswa prodi PBA rata-rata 92% dan hasil penilaian dari pengguna umum playstore mulai tanggal 1 Mei 2018 sampai tanggal 20 Mei 2018 menghasilkan nilai 5 dari 5 (total rating tertinggi) berjumlah 31 orang. Akan tetapi aplikasi mobile ini hanya bersifat membantu dan tidak bisa menggantikan peran guru, interaksi antar guru dengan murid dan buku Durus Al-Lughah yang sesungguhnya.

Skripsi yang ditulis oleh mahasiswa atas nama Zainury Adhiim Musyafa’ berada di bawah bimbingan Dihin Muriyatmoko, S. ST, M.T. dan Faisal Reza Pradhana, S. Kom, M.Kom. Penulis skrispi juga aktif dalam kelompok studi AMOLED (Academy of Mobile Developer). Kelompok studi mahasiswa dengan peminatan pada pemrograman mobile.

Aplikasi ini bisa anda download pada google play dengan mengklik logo google play di bawah.