Ponorogo, 14 September 2016 – Dalam rangka memperingati 90 tahun Pondok Modern Darussalam Gontor, Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor sukses menyelenggarakan kompetisi yang bertajuk Darussalam Informatics and Robotics Competition (DIRECT). Dengan mengusung tema “Teknologi Sebagai Pemersatu Umat”, kompetisi ini mengajak partisipasi seluruh pelajar tangkat SMA/SMK/MA/Pesantren Sederajat di seluruh Indonesia.

Uniknya, tak hanya kompetisi dalam bidang robotik saja yang digelar. DIRECT mencakup kompetisi bidang robotik dan bidang informatika yang terbagi dalam 6 cabang kompetisi yaitu: Line Follower Robotics Competition, Fire Extinguisher Robotics Competition, Short Movie Competition, Islamic Apps Development Competition dan Blog Competition.

“Kompetisi ini dipanitiai oleh para mahasiswa dari program studi Teknik Informatika (TI) sebanyak 44 orang disertai bimbingan dan arahan dari Bapak serta Ibu dosen. Seluruh mahasiswa TI juga turut berkontribusi dalam mensukseskan acara.” Tutur Muhammad Mahfuz, Mahasiswa UNIDA Gontor selaku Ketua Panitia.

Kompetisi DIRECT telah dimulai sejak pertengahan bulan Mei silam yang diawali oleh tahap pendaftaran peserta serta tahap pengajuan proposal aplikasi bagi peserta cabang kompetisi Islamic Apps. Untuk tahap selanjutnya, menyesuaikan dengan ketentuan lomba masing-masing cabang kompetisi. Puncak dari acara DIRECT adalah rangkaian acara tahap final yang berlangsung selama 3 hari terhitung sejak hari Selasa (13/9) sampai hari Kamis (15/9) dengan total tim yang melaju ke babak final sebanyak 17 tim dari asal sekolah yang berbeda-beda. Seluruh tim finalis harus menghadiri acara final yang bertempat di UNIDA Gontor.

Setelah melalui proses penilaian dan keputusan dewan juri masing-masing kompetisi, terpilihlah para pemenang kompetisi DIRECT sebagai berikut:

Nominasi

Kategori Lomba

Jumlah Poin / Sistem Lomba

Line Follower Robotics Competition

Juara 1

SMA N 3 Madiun

Sistem Gugur

Juara 2

SMK N 3 Yogyakarta

Sistem Gugur

Juara 3

MA N Nganjuk

Sistem Gugur

Fire Extinguisher Robotics Competition

Juara 1

SMA N 3 Madiun

Sistem Gugur

Juara 2

SMK N 3 Yogyakarta

Sistem Gugur

Juara 3

SMK N 3 Yogyakarta

Sistem Gugur

Islamic Apps Development Competition

Juara 1

SMA N 1 Surabaya

140 Poin

Juara 2

SMK TI Madinatul Qur’an

136 Poin

Juara 3

SMK N 1 Jenangan

131 Poin

Blog Competition

Juara 1

SMK N 2 Purwokerto

207 Poin

Juara 2

MA Unggulan Darul ‘Ulum Jombang

190 Poin

Short Movie Competition

Juara 1

SMA N 1 Sidayu

993 Poin

Juara 2

SMA N 1 Geger

966 Poin

Juara 3

SMA Al I’tishom

923 Poin

Penanggung jawab acara, Lalu Ganda Rady Putra menuturkan bahwa kompetisi ini diharapkan dapat  meningkatkan motivasi teman-teman mahasiswa untuk dapat berkreasi jauh lebih baik dari para peserta dan juga memberikan gambaran bagi para peserta agar lebih aktif lagi ketika sudah mencapai jenjang  perkuliahan.

img_4786_result_result

img_4502_result_result

img_4710_result_result

By: (Syakir)

 

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.