Selain melaksanakan workshop Open Stack, Pada minggu yang sama Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Darussalam Gontor berhasil melaksanakan workshop Arduino. Bekerjasama dengan kelompok studi techno dan robotik “TECHRONITY”, acara ini mengusung tema Arduino basic training for beginner. Pemilihan Arduino sendiri sebagai alat utama dikarenakan Arduino merupakan mikrokontroler yang bersifat open source dan mudah dipelajari.

Penyampaian materi oleh narasumber pada workshop arduino
Penyampaian materi oleh narasumber pada workshop arduino

Acara Workshop Arduino “Basic Training of Beginners” ini berlangsung selama 1 hari pada tanggal 31 januari 2017, yang bertempat di Hall Hotel Universitas Darussalam Gontor yang berlangsung mulai dari pukul 08.00  –  selesai. diikuti oleh puluhan mahasiswa teknik informatika yang tampak sangat antusias dalam menyimak dan memahami materi yang dijelaskan oleh narasumber.

Peserta workshop sedang memasang komponen Arduino
Peserta workshop sedang memasang komponen Arduino

Arduino sendiri merupakan salah satu perangkat prototipe elektronik yang berkembang dalam bidang Internet of Think (IOT). berbasis mikrokontroler dan open source membuat arduino sangat mudah untuk digunakan, selain itu kelebihan yang dimiliki adalah sangat fleksibel dalam pengembangan perangkat lunak maupun perangkat kerasnya.  Sehingga arduino sangat cocok dijadikan sebagai alat mikrokontroler bagi para pemula yang hendak menekuni bidang ini.

Para Dosen dan pemateri serta peserta workshop berpose bersama
Para Dosen dan pemateri serta peserta workshop berpose bersama

 

Semoga dengan diadakannya workshop Arduino ini dapat menambah minat dan pengetahuan para mahasiswa di dalam bidang mikrokontroler dan robotika.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.