workshop-node-js-unida-gontorDikalangan para programmer pasti tidak asing lagi dengan kata Web developer, apalagi di era teknologi pada saat ini yang sangat erat hubungannya dengan kehidupan manusia sehari-hari, secara garis besar makna dari Web Developer ialah seseorang yang membangun sebuah Website. Web Developer pada umumnya dapat dibagi kepada beberapa bagian diantaranya ialah Web Designer (UI/UX Designer), Front-end Web Developer, Back-end Web Developer, Full-stack Web Developer. Salah satu yang popular di antara Web Developer ialah Front-end Web Developer karena sangat erat hubungannya dengan client.

Front-end Web Developer merupakan seseorang yang mengerjakan kode layout sebuah website yang sebelumnya layout dan gambaran websitenya sudah dikerjakan oleh Web Designer, akan tetapi terkadang seorang Front-end Web Developer ini merangkap tugas menjadi Web Designer. Seorang Front-end Web Developer merupakan seseorang yang mengurusi segala hal yang terjadi pada bagian website yang diakses dan digunakan oleh client (client-side). Front-end Web Developer setidaknya harus memiliki keahlian di HTML, CSS dan Javascript, ketiga keahlian tersebut merupakan fondasi penting untuk seorang Front-end Web Developer dan akan menjadi nilai tambah apabila seorang Front-end Web Developer memiliki keahlian untuk menggunakan Framework seperti Bootstrap dan jQuery.

Dari penjelasan singkat mengenai Front-end Developer, pada hari minggu tepatnya tanggal 26 Maret 2017 kami dari Darussalam Web Community (DAWET) mengadakan sebuah workshop yang mengangkat sebuah tema “Front-end Development with Node JS Modules”. Dimana pemateri pada acara ini adalah seorang yang expert dibidangnya, kami selaku panitia mengundang Eko Prasetyo dari Pradesga Indonesia dan sekaligus beliau adalah ketua PHP Indonesia Dashboard Ponorogo. Beliau datang bersama tim dari Pradesga Indonesia.

Acara ini diselenggarakan di gedung Hall Hotel Universitas Darussalam Gontor, acara ini dibuka dengan sambutan dari pembimbing DAWET yaitu Aziz Musthafa, M.T dan sekaligus pada acara ini kita mengadakan MoU antara Prodi Teknik Informatika dengan Pradesga Indonesia dimana MoU ini langsung ditanda tangani oleh Ketua Prodi Teknik Informatika yaitu Shoffin Nahwa Utama, M.T dan Project Director Pradesga Indonesai yaitu Eko Prasetyo.

Acara ini dimulai dari pukul 08.30 s/d 17.00 WIB, peserta workshop tidak hanya dari anggota komunitas DAWET tapi juga ada yang dari Prodi Teknik Informatika UNIDA Gontor, Universitas Muhammadiyah Ponorogo dan SMK TI Indonesia Global Ponorogo. Alhamdulllah, dari awal acara hingga akhir acara berjalan dengan lancar.

Leave a Reply