Mantingan – Sebagai Mahasiswi santri di kampus Universitas Darussalam Gontor Kampus Mantingan Putri, mahasiswi Teknik Informatika pada hari Minggu, 23 September 2018 mengadakan workshop bersama beberapa dosen yang diundang dari Kampus Siman, pengenalan merupakan sisi penting untuk melanjutkan pembelajaran, karena tanpa pengenalan nantinya mahasiswi sendiri tidak akan bisa meneruskan studinya karena tidak tahu persis apa yang dipelajarinya.

Dari beberapa aspek pengenalan di bidang informatika, kali ini dosen pembimbing sendiri memilih untuk mengenalkan hardware komputer terlebih dahulu, acara yang dimulai pukul delapan pagi ini dihadiri oleh 30 mahasiswi santri Teknik Informatika semester 1 Kampus Mantingan Putri Universitas Darussalam Gontor, tepatnya di aula gedung Pasca Sarjana lantai 3 Kampus Mantingan, dengan diisi oleh dosen pembimbing dari Siman.

Teori Dasar Komputer

Pengenalan hardware sendiri pertama diisi oleh Al-Ustadz Aziz Musthafa, S.Kom., M.T., dengan tenang mahasiswi mendengarkan penjelasan beliau yang menerangkan tentang komponen-komponen dari hardware dan prosedur acara trouble shooting tersebut. Setelah pengenalan teorinya oleh beliau Al-Ustadz Lukman Effendi, S.Kom., M.Kom., akhirnya melanjutkan dengan pengenalan-pengenalan komponen-komponen lainnya. Beliaupun memamerkan dan membagikan beberapa motherboard dan komponen seperti prosessor, memory RAM dan hard disk eksternal untuk dikenalkan kepada mahasiswinya. Setelah sesi pertanyaan dibuka untuk menanyakan masalah-masalah yang terdapat di sekitar kampus seputar kerusakan komputer dengan jawaban dan solusi yang pastinya didiskusikan bersama, acara disusul dengan acara oleh Al-Ustadz Lukman tentang cara menginstal system operasi Windows 10 dalam personal computer secara detail, dengan jelas beliau menjelaskan beberapa langkah mulai dari fungsi rufus hingga masuk ke dalam system bios, sampai akhir proses penginstalan.

Pengenalan komponen motherboard

Para dosen mengharapkan agar mahasiswinya dapat dengan benar menginstal program system operasi maupun program-program lain yang lebih sederhana nantinya. Acara yang ditutup pukul satu siang  tersebut diakhiri dengan sesi perfotoan bersama. Semoga ilmu yang telah didapatkan nantinya dapat diamalkan dengan dipraktekkan kepada mahasiswi lain umumnya dan mahasiswa Teknik Informatika khususnya.