“Pengabdian kepada masyarakat: Belajar Dunia Editing Video Bersama siswa-siswi SMK Muhammadiyah 15 Setiabudi Jakarta”

“Pengabdian kepada masyarakat: Belajar Dunia Editing Video Bersama siswa-siswi SMK Muhammadiyah 15 Setiabudi Jakarta”

Pengabdian kepada masyarakat merupakan kegiatan yang telah beberapa kali dilakukan oleh prodi Teknik informatika di awal tahun 2019 ini, Hakikat para penimba ilmu adalah bisa mewujudkan ilmu yang pernah mereka terima di dunia pembelajaran bisa diaplikasikan dalam kehidupan masyarakat. Itulah yang ingin diwujudkan oleh para mahasiswa Program Studi Teknik Informatika melalui Workshop Multimedia berbasis pengajaran tentang pengenalan cara editing video di Software Adobe Photoshop CC 2017. Dari sinilah mereka diajarkan untuk menyelami dan mengenal lebih dunia editing khususnya di dalam Software tersebut, terlebih dari itu secara tidak langsung untuk mengajarkan demi kemajuan para siswa/I SMK Muhammadiyah 15 Setiabudi Jakarta.

peserta pengabdian kepada masyarakat dari SMK Muhammadiyah 15 setiabudi
Pengarahan Konsep Editing oleh mahasiswa Prodi Teknik Informatika Adi Darmanto sebagai pemateri

Adapun acara pengabdian kepada masyarakat tersebut dimulai pada pukul delapan pagi pada hari Jum’at tanggal 1 Maret 2019 dengan dipimpin langsung oleh Fikky Aprico dan Adi Darmanto sebagai pemateri dalam acara tersebut. Dalam sesi awal pertemuan, Adi Darmanto sebagai pemateri dalam sesi tersebut menjelaskan konsep yang akan dipraktekkan nantinya ketika acara workshop berlangsung sekaligus memperlihatkan sebuah gambaran sedikit mengenai editing video. Setelah itu para siswa/I diharuskan untuk mengikuti intruksi mengenai tata cara yang telah diberikan oleh Adi Darmanto dan Fikky Aprico sebagai Pemateri. Ketika para siswa/i sudah bisa mengikuti intruksi yang diberikan oleh pemateri, mereka diusulkan oleh pemateri untuk membagi dirinya masing-masing menjadi 6 kelompok terpisah guna untuk merekam sebuah video dan mengedit nya dengan durasi selama 1 menit.

antusiasme peserta pengabdian kepada masyarakat prodi TI Unida
Rasa antusiasme para siswa/I dalam memperhatikan arahan dari pemateri
adi darmanto sebagai pemateri acara pengabdian kepada masyarakat
Adi Darmanto sebagai pemateri memberikan panduan mengenai editing video

Ketika acara tersebut berlangsung, para siswa/I yang berjumalah sekitar 22 orang yang terdiri dari kelas 10 SMK Muhammadiyah 15 Setiabudi Jakarta terlihat bersemangat dengan keingintahuan untuk menekuni dunia Editing yang digambarkan melalui acara workshop yang diadakan oleh para mahasiswa Teknik Informatika tersebut. Dengan lugas dan telaten, mereka memerhatikan segala arahan dan bimbingan langsung yang diberikan oleh pemateri langsung. Adapun penjelasan yang diarahkan oleh pemateri langsung ditanggapi dengan hangat oleh para siswa/I dan langsung dipraktekkan sekaligus pemateri pun terjun langsung memantau sekaligus membenarkan jika ada kesalahan yang dilakukan oleh para siswa/i. sesuatu pembelajaran itu sangatlah mudah jika benar-benar ingin ditekuni oleh seseorang, tetapi akan menjadi susah jika tidak memperhatikan keseluruhan yang diberikan oleh pengajar walaupun ada hal kecil jika terlewatkan akan menjadi kesalahan yang sangat fatal dalam membuat video editing.

Siswa/I sedang mempraktekkan seluruh arahan yang diberikan oleh pemateri

Pada akhirnya, setelah mereka benar-benar bisa mempraktekkan apa yang dikajikan dan membuat video yang diintruksikan oleh pemateri. Mereka diharuskan untuk mengumpulkan hasil editing video yang berdurasi 1 menit ke pihak sekolah sebagai wujud kemampuan mereka dalam menyelami dunia editing melalui workshop tersebut.

Pemateri mengawasi sekaligus terjun langsung untuk mengajarkan segala arahan yang diberikan

Setelah pembelajaran yang dipenuhi rasa semangat dan antusiasme oleh para siswa/I akhirnya workshop pun ditutup dengan pemberian sertifikat penghargaan kepada pemateri sebagai bentuk terima kasih untuk bisa mengenalkan siswa/I  SMK Muhammadiyah Setiabudi Jakarta ke dalam dunia editing yang masih diantara mereka belum pernah menekuni apalagi mengenal dunia editing tersebut. Adapun harapan dari pemateri untuk mereka agar bisa memberikan ilmu yang mereka dapatkan dari workshop tersebut dan bisa mengaplikasikan di kehidupan mereka sehari-hari.[Fikky Aprico]

This Post Has One Comment

Leave a Reply

Close Menu