Forum Group Discussion UIN Malang Kunjungi  Fakultas Sains dan Teknologi UNIDA Gontor

Forum Group Discussion UIN Malang Kunjungi Fakultas Sains dan Teknologi UNIDA Gontor

Forum Group Discussion yang lebih dikenal dengan istilah (FGD) atau diskusi kelompok terarah, merupakan salah satu metode riset kualitatif yang paling terkenal selain teknik wawancara. FGD adalah diskusi terfokus dari suatu group untuk membahas suatu masalah tertentu, dalam suasana informal dan santai. Jumlah pesertanya bervariasi antara 8-12 orang, dilaksanakan dengan panduan seorang moderator.

acara Forum Group Discussion di Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Darussalam Gontor
Suasana acara Forum Group Discussion di Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Darussalam Gontor

Metode Forum Group Discussion ini sangat populer dan banyak digunakan sebagai metode pengumpulan data dalam penelitian sosial. Pengambilan data kualitatif melalui FGD dikenal luas karena kelebihannya dalam memberikan kemudahan dan peluang bagi peneliti untuk menjalin keterbukaan, kepercayaan, dan memahami persepsi, sikap, serta pengalaman yang dimiliki oleh responden/pesertanya.

pada akhir pekan kemarin (27 september 2019), Fakultas Sains dan Teknologi UNIDA Gontor mendapat kesempatan dikunjungi oleh dua dosen senior dari Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, yaitu Bapak. Syahiduz Zaman, M.Kom dan Bapak Ainul Yaqin, M.Kom. kedatangan beliau berdua dalam rangka melaksanakan diskusi kelompok terarah atau FGD terkait ujicoba aplikasi penelitian beliau tentang Penelitian Terapan Pengembangan nasional : Pengembangan Aplikasi Portal Informasi SPAN-UM PTKIN berbasis Mobile CRM.

bapak Dekan Fakultas Saintek Kepada Bpk. Syahiduz Zaman, M.Kom
Pemberian Kenang-kenangan oleh bapak Dekan Fakultas Saintek Kepada Bpk. Syahiduz Zaman, M.Kom
bapak Dekan Fakultas Saintek Kepada Bpk. Ainul Yaqin, M.Kom
Pemberian Kenang-kenangan oleh bapak Dekan Fakultas Saintek Kepada Bpk. Ainul Yaqin, M.Kom

dalam acara FGD ini dihadiri oleh Bapak Dekan Fakultas Sains dan teknologi UNIDA Gontor, Ust. Haris Prasetyaningrum, MSi beserta perwakilan dari Prodi-Prodi di Fakultas saintek berjumlah 10 orang. Selain membahas terkait penelitian yang telah dilaksanakan, forum ini juga menjadi ajang sharing pengalaman dan kiat kiat mengajar yang efektif. pengalaman beliau berdua diharapkan mampu menambah referensi dan semangat baru dalam proses belajar-mengajar dan Tri Dharma Pendidikan yang dilaksanakan di Fakultas Sains dan Teknologi UNIDA Gontor. Acara ini dilaksanakan mulai dari pukul 08.00 hingga selepas dzuhur, semoga ilmu beliau berdua menjadi ilmu yang bermanfaat dan dapat diterapkan oleh banyak pihak yang membutuhkan, amiin

pemateri FGD dari UIN Malang
Perfotoan bersama para peserta bersama pemateri FGD dari UIN Malang

This Post Has One Comment

Leave a Reply

Close Menu