5G Akan Segera Hadir Menggantikan 4G
5G Akan Segera Hadir Menggantikan 4G

5G Akan Segera Hadir Menggantikan 4G


5G ini memiliki transfer data yang sangat cepat

Siapa saat ini manusia yang tidak menggunakan jaringan ? mayoritas bahkan hampir seluruh manusia di dunia ini saat ini menggunakan jaringan untuk berbagai kepentingan pekerjaan maupun pribadi, karena jaringan mempermudah manusia untuk melakukan pekerjaan mereka. Dengan jaringan, manusia dapat berinteraksi dengan jarak jauh, dengan jaringan, manusia dapat bertukar informasi satu sama lain dan lain sebagainya. Sebagai contoh, android yang saat ini hampir dimiliki oleh kebanyakan orang itu terdapat jaringan berupa internet yang digunakan untuk beberapa kepentingan, seperti chat melalui Whatsapp, Facebook, Instagram dan lain sebagainya.

Perlu diketahui, jaringan memiliki berberapa tingkatan, sehingga mengatur kecepatan transfer data atau pengaksesan data. Semakin tinggi tingkatan sinyal, maka semakin cepat koneksi jaringan pada suatu perangakat tersebut dan sebaliknya. Jaringan diawali dengan jaringan 1G yang muncul sekitar tahun 1970 berbasis nirkabel, lalu disusul dengan 2G yang muncul sekitar tahun 1991 di Finlandia. Lalu disusul dengan 3G yang pada tingkatan ini dapat mengakses suara dan gambar, tidak seperti generasi 2G dan 1G. Lalu pada saat ini telah muncul dan sering kita gunakan yaitu 4G, tidak hanya transfer gambar maupun suara, dengan koneksi 4G, user dapat terhubung dengan user lainnya untuk bermain game secara online tanpa lemot. Pada generasi 3G bila digunakan untuk bermain game online mungkin akan terasa sangat lambat. Dengan kehadiran 4G membuat transfer data lebih cepat dan efisien bahkan teknologi saat ini adalah dapat memesan kendaraan atau makanan secara online tanpa harus keluar rumah.

Maka akan hadir dalam rangka dekat ini generasi yang lebih cepat dan efisien lagi, yaitu 5G. bila 4G saja sudah produktif untuk digunakan bermain game online, terhubung untuk memesan kendaraan online dan berbagai akses lainnya, maka 5G tentu akan membuat akses jaringan lebih cepat dan produktif. Teknologi 5G ini telah muncul dan digunakan di beberapa negara, sebagai contoh adalah Amerika Serikat sejak 2018, China sejak tahun 2019 ini dan telah terdapat 100 BTS 5G hanya dalam waktu 12 bulan. Diperkirakan 5G akan diluncurkan di Indonesia kisaran tahun 2020.

Diperkirakan, 5G ini memiliki transfer data yang sangat cepat dibanding generasi sebelumnya, diprediksi memiliki kecepatan sekitar 800Gbps, dengan kecepatan seperti itu 5G mampu mengunduh 33 film HD ( High Definition ) hanya dalam beberapa detik. Maka teknologi 5G ini sangat banyak sekali ingin diadopsi oleh beberapa negara karena transfer data nya yang lebih cepat dan efisien dan perkembangan aksebilitas lainnya yang mempermudah user kedepannya. Dengan teknologi secanggih itu, tentu beberapa negara mengharapkan untuk tidak tertinggal dan segera mengadopsi generasi 5G ini.

Sumber : cnnindonesia.com, Wikipedia.com, sepulsa.com

Leave a Reply

Close Menu