Kolaborasi Mahasiswa TI dan K3 Berujung pada Best Paper dan Jurnal SINTA 2 Part 1
Kolaborasi Mahasiswa TI dan K3 Berujung pada Best Paper dan Jurnal SINTA 2 Part 1

Kolaborasi Mahasiswa TI dan K3 Berujung pada Best Paper dan Jurnal SINTA 2 Part 1

Menulis memang suatu hal yang sangat sulit pada awalnya, karna menulis bukan hanya menguras tenaga tapi menguras ide agar tulisan kita bisa diterima oleh banyak orang, itulah pengalaman yang dilalui oleh seorang Mahasiswa Teknik Informatika UNIDA Gontor yaitu Fikky Aprico. Berawal dari sebuah ketidaksengajaan ketika memutuskan untuk ikut dalam sebuah kelompok  Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang bekerja sama antara Mahasiswa Prodi Teknik Informatika (TI) dan Prodi Kesehatan Keselamatan Kerja (K3).

Ketika itu kami mencoba untuk pertama kalinya membuat sebuah proposal PKM-P yang berkaitan dengan kesehatan bertemakan “Aplikasi Mobile untuk Mengurangi Resiko Penyakit Musculoskeletal Disorders (MSDs)” dan anak TI ditugaskan sebagai programmer mobile, sangat sulit ketika itu karna minimnya pengetahuan kami tentang tema yang diajukan apalagi berkaitan dengan kesehatan yang notabennya sama sekali belum pernah kita pelajari. Akhirnya kami dibimbing oleh Dosen dari Prodi K3 yaitu Ibu Sisca Mayang Phuspa sebagai dosen ahli K3 dan Dosen dari Prodi TI yaitu Bapak Dihin Muriyatmoko sebagai dosen ahli TI.

E-Mail dari Panitia Penyelenggara

Singkat cerita proposal kami di kategori PKM-P tidak diterima oleh pihak penyelenggara yaitu Kemenristekdikti, lalu seorang mahasiswa TI yaitu Fikky Aprico mengajukan tema tersebut untuk dilanjut dan dijadikan skripsi, bukan hanya mahasiswa TI saja tetapi mahasiswa K3 yaitu Ario Ramadhan juga mengajukan tema yang sama untuk dijadikan skripsi tapi berbeda pembahasan. Untuk mahasiswa TI membuat aplikasi dan untuk mahasiswa K3 nya meneliti tentang efektivitas penggunaan aplikasi untuk mengurai penyakit MSDs tersebut yang pada akhirnya kami berkolaborasi hingga selesai.

Bukan hanya kami berdua saja tetapi mahasiswa TI yaitu Muhammad Syakir Arif serta 2 Dosen Ahli TI yaitu Bapak Dihin Muriyatmoko dan Bapak Aziz Musthafa pun membantu dan membimbing kami yang berkaitan dengan TI, ditambah juga 2 Dosen Ahli K3 yaitu Ibu Sisca Mayang Phuspa dan Ibu Ratih Andhika Akbar Rahma yang membantu dan membimbing kami dalam hal materi MSDs.

Part Selanjutnya

Leave a Reply

Close Menu