Pilmapres 2020, Fajar Deny dan Abdul Wahid Wakili Mahasiswa Prodi Teknik Informatika dalam acara bergengsi tersebut

Pilmapres 2020, Fajar Deny dan Abdul Wahid Wakili Mahasiswa Prodi Teknik Informatika dalam acara bergengsi tersebut

Pilmapres 2020 Tingkat Universitas, Sebagai Pengembangan Kualitas Mahasantri Universitas Darussalam Gontor. Rabu, 8 Januari 2019 Pemilihan Mahasiswa Berprestasi gelombang I dilaksanakan, pada seleksi tahap I ini setelah mahasiswa mengumpulkan persyaratan yang diperlukan yaitu, Kartu Hasil Studi (IPK), naskah karya tulis, dan sertifikat prestasi yang diunggulkan maksimal 15 sertifikat.

Pemilihan mahasiswa berprestasi dilakukan dalam empat tahapan untuk seleksi tingkat universitas yang diutus oleh masing – masing program studi dua orang. Seleksi yang dilakukan oleh universitas meliputi seleksi berkas, seleksi kemampuanberbahasa asing dan seleksi presentasi.

Abdul Wahid mahasiswa Teknik Informatika semester 6 mempresentasikan gagasannya di depan para juri

Pada seleksi tahap I ini peserta harus mengikuti tahap presentasi, tema karya tulisnya sendiri bebas sesuai dengan bidang keilmuan pada program studi masing – masing dan tetap berkaitan dengan SDG (Sustainable Development Goals). Peserta merupakan utusan dari setiap prodi yang terdiri dari masing – masing 2 orang dengan total peserta 27 orang.

Program studi Teknik Informatika sendiri mengirimkan dua orang delegasi dari masing – masing kampus Siman dan kampus Mantingan, program studi Teknik Informatika mengirimkan Abdul Wahid mahasiswa semester 6 sebagai utusan prodi dari kampus Siman dan Fajar Deny Elfianita mahasiswi semester 4 untuk utusan prodi dari Mantingan.

Seleksi tahap I dilakukan dua hari yaitu Rabu – Kamis atau 8 – 9 Januari 2020, setiap mahasiswa h arus mempresentasikan karya tulis yang telah mereka buat, program studi Teknik Informatika mendapat giliran menjadi presentator urutan nomor dua di hari pertama, Fajar Deny berkesempatan mempresentasikan karya ilmiahnya yang berjudul Pembuatan Alat Pengusir Nyamuk Menggunakan Gelombang Ultrasonik. Karya ilmiah ini terinspirasi dari penelitian yang menggunakan objek wereng sebagai hama yang diusir menggunakan gelombang ultrasonik, diharapkan kedepannya dapat mengurangi dampak penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk seperti DBD, Cikungunya, Malaria dan Kaki Gajah.

Fajar Deny mahasiswi Teknik Informatika semester 4 sedang mempresentasikan karya ilmiah pada ajang seleksi Pilmapres 2020 tahap I

Pada hari kedua, Abdul Wahid mendapatkan kesempatan untuk dapat mempresentasikan hasil karya tulis ilmiahnya sebagai peserta nomor 6, dengan membawa lengkap alat peraganya seperti motor, helm dan pengemudi. Mahasiswa Teknik Informatika semester 6 ini membawakan gagasan barunya dengan judul Perancangan Helm Pintar , helm ini dirancang dapat mendeteksi kondoso tubuh pengemudi dengan melihat denyut nadi orang tersebut, maka jika denyut nadi pengemudi tidak normal helm ini akan otomatis menyalakan vibratornya dan membuat getaran yang akan mengembalikan kesadaran sang pengemudi agar tetap fit dan aman mengemudi di jalan raya. Helm ini juga dilengkapi penunjuk jalan yang dihubungkan dengan smartphone pengemudi agar dapat mengikuti jalan menuju tujuan dengan bantuan GPS di smartphone. Diharapkan dengan hadirnya helm ini dapat mengurangi tragedy kecelakaan yang sering terjadi di Indonesia khususnya saat musim mudik tiba.

Para juri sedang menanyakan beberapa pertanyaan dalam seleksi Pilmapres tahap I

Setelah diadakan seleksi tahap I, adapun acara seleksi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi 2020 tingkat universitas tahap II akan dilakukan pada tanggal 28 Januari 2020 atau bertepatan pada hari Selasa di Lobby Gedung Utama Lt. 1 Universitas Darussalam Gontor Kampus Siman, dengan jumlah peserta yang telah disaring sekitar limabelas orang.

This Post Has One Comment

  1. Mantap lanjutkan

Leave a Reply

Close Menu