MAHASISWA PRODI TEKNIK INFORMATIKA BERHASIL MENSUKSESKAN ACARA DIRECT 4.0
MAHASISWA PRODI TEKNIK INFORMATIKA BERHASIL MENSUKSESKAN ACARA DIRECT 4.0

MAHASISWA PRODI TEKNIK INFORMATIKA BERHASIL MENSUKSESKAN ACARA DIRECT 4.0

Darussalam Informatics and Robotics Competition (DIRECT) yang dilaksanakan tanggal 26 Januari 2020 di Universitas Darussalam Gontor Ponorogo Jawa Timur telah sukses dilaksanakan dan selesai pada hari ini (26/01/2020).


DIRECT yang kali ini mengusung tema dari SDGs (Sustainable Developement Goals) merupakan tahun ke empatnya sejak pertama kali diadakannya DIRECT pada tahun 2016 lalu, sehingga panitia lomba kali ini membuat namanya menjadi DIRECT 4.0 yang berarti DIRECT yang ke-4 dan kesesuaiannya dengan tren otomasi terkini yaitu Revolusi Industri 4.0.


Tidak main-main, lomba DIRECT kali ini memberikan hadiah hingga belasan juta rupiah kepada pemenang. Lomba DIRECT tahun ini memiliki 3 cabang lomba yang dipelombakan yaitu Design Poster, Photography, dan IoT (Internet of Things).


Peserta lomba kali ini berjumlah 47 orang peserta yang terdiri dari 25 orang peserta lomba Design Poster tingkat SMP/MTs, 8 orang peserta lomba Design Poster tingkat Mahasiswa, 5 orang peserta Photography, dan 9 orang peserta IoT yang terdiri dari 6 Tim.

Pembukaan DIRECT yang dibuka di Gedung Terpadu Lantai 1 pada pukul 08.30 ini dibuka oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Al-Ustadz Haris Setyaningrum, S.SI. M.SC. dengan sambutannya yang berisi tentang pentingnya teknologi dengan pendidikan sehingga menjadi satu kesatuan yang saat ini tidak dapat dipisahkan lagi.

Seusai pembukaan, pembawa acara lomba direct menjelaskan sekelumit tentang apa itu direct dan macam lomba yang di dalamnya. Setelah itu peserta diarahkan ke ruangan masing-masing lomba untuk mengikuti Technical Meeting dengan penanggung jawab lomba. Setalah semua peserta dinyatakan paham dengan technical meeting barulah lomba dimulai, dimana lomba dilaksanakan di tempatnya masing-masing.

Semua cabang lomba berjalan dengan baik dan lancar, dimana peserta lomba design poster tingkat SMP/MTs memulai dengan membuat poster dengan tema yang sudah di tentukan. Sedikit berbeda dengan konsep lomba design poster tingkat SMP/MTs, design poster tingkat Mahasiswa dibuat berbeda dengan mengumpulkan soft file design poster yang sudah dibuat sebelum lomba dimulai, yang kemudian peserta diharuskan untuk mempresentasikan hasil desainnya tersebut

Selain lomba design poster, terdapat juga lomba photography. Peserta lomba photography diberikan kebebasan untuk mencari objek atau spot untuk mengambil gambar. Gambar akan diuji orisinalitasnya oleh panitia agar sesuai dengan persayaratan yang telah ditentukan. Kemudian juga terdapat lomba IoT dengan stand nya masing-masing yang kemudian dinilai oleh dewan Juri sesuai dengan fungsi, manfaat, dan juga penjelasan yang disampaikan oleh presentator.
Dipenghujung acara terdapat pengumuman mengenai juara lomba yang dibacakan oleh pembawa acara sesuai kategori lomba. Pemenang yang berhasil memenangkan perlombaan dipersilahkan untuk menaiki panggung kehormatan dengan menerima penghargaan.

Suksesnya acara ini tidak luput dari usaha teman-teman panitia yang telah mengorbankan waktunya untuk mempersiapkan semua acara. Dan juga berkat do’a dan dukungan dari Bapak Ibu dosen yang tentunya menjadi salah satu penyokong suksesnya acara DIRECT ini. Tidak lupa yang paling utama adalah karena sholat hajat yang diadakan oleh panitia juga menjadi alasan acara ini berjalan dengan lancar dan tentunya berkah.

Leave a Reply

Close Menu