Laksanakan Studi Akademik, Mahasiswi Teknik Informatika Putri Universitas Darussalam Gontor Kunjungi Exabytes Indonesia

Laksanakan Studi Akademik, Mahasiswi Teknik Informatika Putri Universitas Darussalam Gontor Kunjungi Exabytes Indonesia

Kamis (13/04/2020) Exabytes Indonesia menyambut hangat kunjungan dari Mahasiswi jurusan Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Darussalam Gontor Putri. Kunjungan ini merupakan kunjungan di hari terakhir yang sebelumnya mahasiswi telah mengunjungi beberapa destinasi – destinasi yang berada di kota Jakarta. Kunjungan yang dikemas dalam sharing dan seminar session ini dilakukan di gedung pusat bisnis Cyber 2 Tower Kota Jakarta Selatan lantai 29.

Digital Marketing of Exabytes Indonesia berbicara di depan Mahasiswi

Kunjungan yang disambut dengan hangat ini dipandu oleh Bapak Indra selaku Country Manager of Exabytes Indonesia dan Bapak Agung Sukarim selaku Digital Marketing of Exabytes Indonesia dengan dibantu oleh beberapa staf Exabytes lainnya. Disini kami diperkenalkan bahwa Exabytes lahir dari tahun 2001 yang berpusat di Penang Malaysia, di Indonesia sendiri Exabytes hadir pada tahun 2017, disini disadarkan bahwa untuk memiliki website kita harus memiliki domain yang menarik untuk memudahkan para pengguna mengakses website kita. Tapi domain juga akan menjadi identitas untuk meningkatkan profesionalisme dan branding. Exabytes disini melayani kebutuhan blog, bisnis ataupun website pribadi. Exabytes juga mengadakan beberapa event yang bisa dihadiri di beberapa kota besar di Indonesia. Di Exabytes kita juga bisa memilih server yang kita inginkan, di Indonesia, Malaysia, Singapura ataupun di Amerika Serikat.

Country Manager of Exabytes Indonesia memberikan cinderamata

Sebelumnya pada hari Selasa dan Rabu, 36 Mahasiswi Teknik Informatika telah mengunjungi beberapa destinasi edukasi seperti di Taman Mini Indonesia Indah yaitu destinasi Pusat Peragaan IPTEK yang dibawahi oleh Kemenristekdikti. Di Museum ini banyak sarana pembelajaran luar sekolah untuk menumbuh kembangkan budaya ilmu pengetahuan dan teknologi secara mudah, menghibur, berkesan dan kreatif. Selanjutnya Mahasiswi Teknik Informatika berkesempatan untuk mengunjungi museum masa depan yaitu Tekom Digital Experience yang berada di Tekom Landmark Tower persisnya di pusat gedung milik perusahaan BUMN The Telkom Hub, disini kita dapat merasakan teknologi beberapa tahun kedepan, seperti experience smart home dengan berbagai kemudahan dengan memanfaatkan voice control dan AI, game dengan Virtual Reality, dengan begitu kita bisa merasakan sensasi teknologi  dunia dalam beberapa tahun kedepan.

Mahasiswi berfoto bersama di depan Pusat Peragaan – IPTEK TMII
Dexy dan Alexa robot masa depan yang berada di TDX

Destinasi lain yang dikunjungi oleh Mahasiswi adalah Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang berada di Medan, Merdeka Selatan Jakarta, di perpustakaan pusat ini terdiri dari 24 lantai yang memiliki lebih dari jutaan koleksi buku, disini juga banyak koleksi manuscript, sumber elektronik, monograf, rekaman suara, bahan kartografis dan bentuk mikro yang secara gratis dapat diakses oleh siapapun dengan syarat membuat kartu anggota perpustakaan yang bisa dibuat hanya dengan beberapa menit mengantri di lantai 2, tentunya setelah menulis biodata dan mendaftarkan diri dalam antrian. Setelah mengeilingi perpustakaan Mahasiswi beralih mengunjungi Jakarta Smart City, disini Mahasiswi  bisa mengetahui konsep Jakarta sebagai kota pintar. Konsep smart city di Jakarta dibuat berdasarkan 6 pilar: Smart Governance, Smart People, Smart Living, Smart Mobility, Smart Economy, dan Smart Environment. Smart city harus bermanfaat untuk seluruh masyarakat sehingga mereka bisa mendapatkan hidup yang lebih baik. Dengan smart city, data disajikan dengan lebih transparan. selain itu, smart city meningkatkan partisipasi warga seperti membuat data, aplikasi, memberikan masukan, dan memberikan kritikan. Sehingga kota ini menjadi kota yang pintar karena melibatkan warganya, melibatkan pemerintahnya, kekuasaannya, uangnya, dan ruangannya untuk menjadikan semua kehidupan lebih baik.

Perpustakaan Nasional sebagai pusat buku dan bahan paling lengkap

Itulah beberapa destinasi di Jakarta dan untuk mengakhiri kunjungan kita bertamu ke akuarium raksasa di Ancol tepatnya di Sea Word dimana kita bisa melihat ratusan biota laut. Sea World Ancol merupakan sebuah kawasan yang lengkap untuk memberikan hiburan dan pendidikan khususnya dunia laut. Dalam operasionalnya, Sea World Ancol mengemban 3 misi besar yaitu: Pendidikan, Konservasi dan Hiburan. SeaWorld Ancol memiliki sekitar 7.300 ekor biota air tawar yang terdiri dari 48 Jenis ikan, 1 jenis reptil sampai biota perairan laut yang terdiri dari 11.500 ekor biota yang terdiri dari 138 jenis ikan dan avertebrata serta 3 jenis reptil.

Ikan hiu di dalam SharkAquarium, nama salah satu akuarium di dalam Sea World

Dengan kunjungan ini diharapkan mahasiswi dapat mengembangkan ilmu yang telah didapatkan untuk kelangsungan perkuliahan kedepannya, serta terus mengembangkan dan memajukan Universitas Darussalam Gontor umumnya dan Program Studi Teknik Informatika khususnya.

Leave a Reply

Close Menu