Mengenal Lebih Dekat dengan “FINTECH”, Apakah itu ?

Mengenal Lebih Dekat dengan “FINTECH”, Apakah itu ?

Sudah tahukah anda apakah itu Fintech? Fintech sudah tidak asing lagi bagi masyarakat sat ini, karena pada kenyataanya masyarakat telah banyak yang memanfatkan fintech dalam kehidupan sehari-hari. Lalu apa sih yang dimaksud dengan fintech ?

Financial Technology adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan penggunaan teknologi keuangan yang inovatif dan kreatif untuk merancang dan memberikan produk dan layanan keuangan secara efektif dan efisien serta inovasi dibidang jasa keuangan yang sedang tren di Indonesia khususnya dan juga dunia pada era digital 4.0.

fintech 2020
Ilustration of Financial Technology

Apakah Tujuan Penggunaan Fintech ?

       Penggunaan Fintech adalahuntuk mengurangi biaya infrastruktur lembaga keuangan dan tidak perlu memiliki jaringan cabang atau kantor atau karyawan dalam jumlah yang banyak dalam melayani pelanggan pada semua jenis perusahaan, dan sekaligus dapat mempermudah masyarakat dalam melakukan transaksi keuangan menggunakan bantuan teknologi.

perkembangan fintech
Fintech sebagai kebutuhan Global saat ini

Apa sajakah Manfaat Menggunakan Fintech ?

Adapun manfaat masyarakat dan juga pelaku bisnis dalam menggunakan Fintech antaralain yaitu :

  1. Membantu perkembangan perusahaan atau bisnis

Sebuah usaha dapat lebih maju dan juga berkembang dengan bantuan teknologi dalam hal keuangannya. Membuat konsumen lebih praktis dan cepat dalam melakukan transaksi keuangan dengan mudah.

  • Dapat Meningkatkan Taraf Hidup

Selain mendapatkan keuntungan atau pendapatan yang besar bagi suatu perusahaan, keberadaan fintech juga dapat meningkatkan taraf hidup konusmen, dengan cara menerima sistem pembayaran dengan kartu debit dan kredit dengan biaya yang terjangkau dan kemudahan dalam bertransaksi.

  • Kemudahan layanan financial

Pada zaman dahulu, ketika masyarakat hendak mentransfer uang maka harus mendatangi atm atau teller di bank tetapi fintech ini memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi.

  • Mengurangi uang beredar di masyarakat.

Dengan fintech maka akan mengurasi inflasi atau uang beredar yang lebih banyak di masyarakat, karena masyarakat cukup menggunakan uang abtraknya dengan teknologi.

  • Keamanan tingkat lanjut

Metode keamanan ini untuk memastikan masyarakat agar percaya diri dalam menggunakan layanan keuangan.

  • Lebih nyaman dan efisien

Aplikasi teknologi keuangan ini sangat nudah digunakan sehingga masyarakat dapat menggunakannya kapanpun dan dimanapun tanpa harus bertemu untuk melakukan transaksi keuangan.

  • Sistem pembayaran yang lebih baik

Jenis teknologi ini dapat membuat bisnis lebih akurat dan efisien dalam menerbitkan faktur dan mengumpulkan pembayaran.dan lain sebagainya.

 a kind of financial technology
Model model Financial technology

Apasajakah Jenis-Jenis Fintech ?

Adapun jenis Fintech antaralain yaitu

  1. Market place financial

Yaitu mempertemukan pihak yang membutuhkan dana dengan pihak yang bersedia memberikan dana untuk investasi dan prosesmya lebih praktis dibandingkan bank karena bisa dilakukan dengan online.

  • Payment,clearing dan settlement

Contoh: payment gateway dan e-wallet yaitu pembayaran keuangan dengan menggunakan bantuan teknologi tanpa fisik uang.

  • Market aggregator

Fintech ini untuk mengacu pada portal yang mengumpulkan ragam informasi terkait keuangan untuk disajikan pada pengguna atau target audien

By : Bagas Kurniawan T & Humam Taqiyyuddin/Manajemen

Leave a Reply

Close Menu