Access Point Practice – acara akademik pengisi keheningan lockdown di kampus tercinta
Praktek penggunaan Access Point – acara akademik pengisi keheningan lockdown di kampus tercinta

Access Point Practice – acara akademik pengisi keheningan lockdown di kampus tercinta

Mahasiswa Teknik Informatika kembali mengadakan sebuah acara akademik mengenai latihan tata cara membuat jaringan dengan access point. Praktek yang diadakan pada Rabu 25 Maret 2020 pagi ini diisi oleh Ust. Faishal Reza Pradana M.Kom selaku dosen pengampu pada mata kuliah Jaringan Komputer dan di asisteni oleh Rino Mahendra, mahasiswa Teknik Informatika semester 6. Untuk melakukan praktek ini, berikut adalah alat – alat yang kita butuhkan :

  • Kabel Straight ( minimal 4 )
  • Access Point
  • Serial Hub
  • Laptop untuk konfigurasi IP
  • Koneksi Internet yang dihubungkan dengan Hub

Apakah itu Access Point ? Access point adalah sebuah perangkat jaringan yang berisi sebuah transceiver dan pemancar untuk transmisi dan menerima sinyal ke dan dari clients remote. Dengan Access point, beberapa pengguna dapat dengan mudah terhubung kedalam jaringan internet dan dapat mengkakses data secara online. Hampir sama dengan WiFi, hanya saja tidak dapat terbaca melalui WiFi yang biasa dinyalakan oleh user pada perangkat masing – masing. Cara untuk dapat terhubung dengan server adalah harus menyambung ke client server yang dimana client server nantinya akan menghubungkan ke server pusatnya. Untuk memahami kaidah dan tata cara konfigurasi dan pemasangan, diadakanlah acara ini untuk dapat praktek secara langsung untuk pemahaman Access point lebih lanjut.

Pada pagi tadi, kami menggunakan 2 tempat untuk pengaplikasian praktek, Lapangan Futsal UNIDA yang terletak di selatan gedung terpadu, dan Lab komputasi dasar lantai 1. Dalam praktek ini terbagi menjadi 2 kelompok, kelompok pertama berada di lab komputasi dasar sebagai Servernya dan kelompok kedua berada di lapangan futsal UNIDA sebagai client server. Harapan acara ini diadakan adalah sebagai ajang praktek di lapangan untuk memasang jaringan berbasis access point yang dapat diakses secara nirkabel.

Leave a Reply

Close Menu