Membangun Jiwa Kewirausahaan Para Mahasiswi Melalui Pengenalan  E-Commerce

Membangun Jiwa Kewirausahaan Para Mahasiswi Melalui Pengenalan E-Commerce

E-commerce merupakan salah satu bidang yang digandrungi banyak kalangan saat ini. Dari penjualan produk, penyedia jasa, ataupun informasi dan pembayaran sudah menggunakan internet dan jaringan komputer. Toko-toko online mulai merambah pasar dan semakin meluas. Oleh karena itu, e-commerce merupakan suatu topik yang perlu untuk dibahas lebih lanjut bagaimana seluk-beluknya.

Pada hari Selasa, 28 Juli 2020, telah terlaksana kajian TI perdana yang mengangkat tema “E-Commerce”. Materi ini disampaikan oleh Ustadzah Tutik Lestari, M.Kom salah satu dosen pengampu di prodi Teknik Informatika Universitas Darussalam Gontor. Kajian yang diikuti oleh seluruh mahasiswi prodi TI dari semester 1, 3, dan 5 ini, berjalan dengan lancar dari awal sampai akhir.

Diawali dengan pengenalan e-commerce di Indonesia, para mahasiswi terlihat antusias dengan materi kajian yang diberikan. Materi pun dilanjutkan dengan pembahasan mengenai peranan internet dalam e-commerce. Disampaikan bahwa Indonesia merupakan negara dengan pengguna gadget yang berbelanja online tertinggi di dunia dan pengguna internet terbanyak berada di pulau Jawa dan Bali.

Materi dilanjutkan dengan membahas mengenai peranan e-commerce. Pada pembahasan ini, ditampilkan peta persebaran e-commerce di Indonesia mengenai beragam marketplace  dan dinamikanya. Selain itu, dibahas pula perkembangan e-commerce, keuntungan dan kekurangan e-commerce, serta jenis-jenis e-commerce. Kemudian diulas tentang isu penting e-commerce yang meliputi roadmap e-commerce, regulasi e-commerce, tantangan dan juga peluang e-commerce di Indonesia dewasa ini. Kajian TI hari itu diakhiri dengan membahas permasalahan e-commerce dan inovasi teknologi informasi berkaitan dengan e-commerce. Dengan diadakannya kajian ini diharapkan para mahasiswi dapat memperoleh wawasan dan kelak bisa mengimplementasikannya. (fairiza)

Leave a Reply

Close Menu