Troubleshooting Komputer; Mengenalkan Permasalahan Mendasar Komputer kepada Para Mahasiswi

Troubleshooting Komputer; Mengenalkan Permasalahan Mendasar Komputer kepada Para Mahasiswi

Kajian prodi adalah kegiatan rutinan di UNIDA yang dikelola masing-masing prodi. Di prodi Teknik Informatika sendiri kajian prodi dilaksanakan setiap hari Sabtu malam dimulai pukul 19.30 WIB, yang bertempat di IT Care. Kajian ini bertujuan untuk menambah pengetahuan mahasiswi mengenai berbagai macam persoalan terkait komputer dan teknologi terkini, yang kemudian diharapkan mereka bisa menerapkan solusi yang sesuai bahkan bisa menciptakan inovasi solusi sesuai dengan pemahaman yang mereka dapatkan.

Pada hari Sabtu, 22 Agustus 2020 kemarin, kajian TI mengangkat sebuah tema “Troubleshooting Komputer”. Materi ini disampaikan langsung oleh Ledi Diniyatullah mahasiswi semester 5, serta Alif Sita dan Fariha ‘Ulya mahasiswi semester 3. Dihadiri para mahasiswi teknik informatika dari semester 1, 3, dan 5 kajian ini sukses berjalan lancar.

Diawali dengan bagaimana cara memperbaiki permasalahan pada hardware komputer, seperti keyboard, harddisk, dan sebagainya. Para mahasiswi sangat antusias mengikuti pembahasan materi. Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, beberapa mahasiswi menanyakan permasalahan komputer mereka dan langsung coba diterapkan cara penyelesaiannya.

Kajian TI hari itu diakhiri dengan pembahasan mengenai bagaimana menginstal ulang komputer dengan praktik langsung menggunakan sistem operasi windows. Tahapan-tahapan instal ulang dipraktikkan dengan detail dan jelas yang diperhatikan oleh para mahasiswi. Proses instal ulang yang berjalan cukup lama pun berhasil selesai dengan sukses meskipun sempat ada beberapa permasalahan kecil. Dari praktik instal ulang ini, mahasiswi dapat mengetahui apa saja yang diperlukan untuk instal ulang dan apa saja proses yang harus dilakukan ketika instal ulang.

Meskipun pematerinya langsung dari para mahasiswi sendiri, tetapi tetap ada dosen pembimbing yang mendampingi selama kajian berlangsung. Dengan tema kajian yang diangkat kali ini, diharapkan para mahasiswi teknik informatika selanjutnya sudah mampu melakukan instal ulang secara mandiri tentunya dengan hasil yang sukses. Untuk permasalahan pada hardware komputer lebih lanjut, dibuka konsultasi kapan saja. Kajian TI pun akhirnya ditutup dengan disampaikannya link untuk feedback kajian dan saran untuk kajian selanjutnya. (fairiza)

Leave a Reply

Close Menu