Peran Aplikasi Zoom di Tengah Pandemi dalam Dunia Pendidikan

Peran Aplikasi Zoom di Tengah Pandemi dalam Dunia Pendidikan

zoom logo

Dunia saat ini sangat dikejutkan dengan munculnya virus corona atau yang disebut juga Covid-19 yang pada awalnya berasal dari kota wuhan di Negara china dan virus in juga sangat banyak memakan korban jiwa termasuk salah satunya adalah negara kita Indonesia. Dengan munculnya virus ini telah terjadi banyaknya perubahan diseluruh penjuru dunia termasuk salah satunya Negara kita Indonesia.

Dalam penulisan artikel ini saya akan membahas “peran aplikasi zoom di tengah pandemi dalam dunia pendidikan ”. Untuk mencegah penularan virus Corona ini perlu adanya upaya perubahan dalam pengajaran dan pembalajaran dengan metode daring inilah yang menjadi pilihan untuk pencegahannya.

Zoom Meeting sendiri merupakan sebuah media pembelajaran menggunakan video. Pendiri aplikasi Zoom Meeting yaitu Eric Yuan yang diresmikan tahun 2011 yang kantor pusatnya berada di San Jose, California. Aplikasi ini tidak hanya digunakan untuk pembelajaran saja tetapi bisa digunakan untuk urusan perkantoran maupun urusan lainnya. Platfrom ini gratis jadi dapat digunakan oleh siapapun dengan batas waktu empat puluh menit dan tidak ada batasan waktu jika akun kita berbayar. Dalam aplikasi Zoom Meeting ini kita bisa berkomunikasi langsung dengan siapapun lewat video. Oleh karena itu, memang cocok digunakan sebagai media pembelajaran. 

Aplikasi tersebut dapat digunakan dalam berbagai perangkat seluler, desktop, hingga telepon dan sistem ruang. Aplikasi ini menggunakan akses video juga seperti halnya dengan video call akan tetapi aplikasi Zoom ini bisa terhubung ke beberapa orang dan maksimalnya bisa mencapai 100 dan maka dari itu aplikasi Zoom ini lebih memperjelas dalam pembelajaran layaknya seperti tatap muka.

Sisi lain yang penulis lihat untuk menjadi pembelajaran bagi generasi kita adalah pendidikan di masa depan juga akan ditentukan oleh moment yang tepat. Seperti yang dialami Zoom, beberapa tahun yang lalu mereka tidak dikenal tetapi dengan adanya moment karantina akibat Corona di seluruh dunia yang membuat orang banyak bekerja, belajar, dan beriabadah di rumah membuat mereka menjadi tenar dan populer melampaui pendahulu-pendahulu mereka.

(Lia Apriyani)

Leave a Reply

Close Menu