Mahasiswa TI UNIDA Gontor Kembangkan Aplikasi Baris Berbaris 3 Bahasa

Mahasiswa TI UNIDA Gontor Kembangkan Aplikasi Baris Berbaris 3 Bahasa

Berdasarkan Kecintaanya di bidang kepramukaan, membuat Muhammad Fakhruzaini, salah satu mahasiswa akhir Program Studi Teknik Informatika UNIDA Gontor menggagas sebuah aplikasi baris-berbaris 3 bahasa. Aplikasi ini dilatarbelakangi oleh beberapa masukan dari para pembina pramuka, khususnya pembina pramuka di pondok-pondok pesantren alumni gontor yang mengalami kesulitan dalam menemukan sumber tutorial baris berbaris yang menggunakan bahasa arab dan inggris, beberapa buku yang telah terbit terkait baris berbaris ini penyebarannya masib belum maksimal dan para pembina juga membutuhkan sebuah contoh nyata yang dapat ditiru atau dipelajari dengan lebih mudah.

Muhammad Fakhruzaini, Mahasiswas TI UNIDA Gontor Penggagas Aplikasi Baris Berbaris 3 bahasa

Aplikasi baris berbaris tiga bahasa ini menggabungkan bahasa Arab, Inggris dan Indonesia di dalam penggunaannya. Aplikasi dibuat berbasis Mobile Android, pemilihan android sebagai basis aplikasi dikarenakansmartphone android memiliki pengguna paling banyak di Indonesia khususnya, sehingga memudahkan bagi siapapun untuk menggunakan aplikasi tersebut.

Tampilan Menu Utama Aplikasi baris berbaris 3 bahasa

Aplikasi baris berbaris 3 bahasa ini dilengkapi dengan berbagai fitur, diantaranya : Pancasila dalam 3 bahasa, Dasa Dharma dan Tri Satya dalam 3 bahasa, serta fitur utama yaitu aba-aba baris berbaris di tempat dan aba-aba jalan dalam 3 bahasa. Jika pengguna telah menyelesaikan semua tutorial tersebut, maka disediakan kuis yang berfungsi untuk mengetes tingkat kepahaman pengguna dalam menggunakan dan mempraktekkan baris-berbaris did alam 3 bahasa. setiap aba-aba baris berbaris juga dilengkapi dengan suara, baik bahasa arab maupun inggris, yang telah di tashih oleh bagian pusat bahasa di Universitas Darussalam Gontor, serta dilengkapi pula dengan video praktek dari masing-masing aba-aba tersebut.

Contoh penerapan aba-aba siap grak didalam aplikasi

Aplikasi baris berbaris 3 bahasa ini telah tersedia di Google playstore dan mendapatkan rating penilaian 4,9 dari 5 oleh 30 lebih pengguna, yang membuktikan bahwa aplikasi baris-berbaris ini dapat diterima oleh calon pengguna serta memiliki fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan para calon pengguna, khususnya para adika dan pembina pramuka.

Tampilan aplikasi baris-berbaris 3 bahasa pada Google Playstore

Dengan adanya aplikasi ini, Fakhruzaini berharap dapat membantu setiap adika pramuka dan pembina pramuka, atau setiap calon pengguna yang ingin belajar baris-berbaris dalam 3 bahasa arab inggris dan indonesia, dengan menggunakan teknologi terkini berbasis smartphone yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun secara gratis.

Bagi teman-teman yang ingin menginstal aplikasi baris-berbaris 3 bahasa ini, dapat mengunjungi halaman Google Playstore aplikasi pada link dibawah ini

https://play.google.com/store/apps/details?id=skripsi.id

semoga aplikasi ini dapat bermanfaat dan dapat digunakan dengan sebaik-baiknya, amiin

This Post Has One Comment

  1. Mantap..semangat terus kawan

Leave a Reply

Close Menu