Mahasiswa TI UNIDA Gontor Kembali Berhasil Publish Artikel Ilmiah di Seminar Internasional Terindeks Scopus

Mahasiswa TI UNIDA Gontor Kembali Berhasil Publish Artikel Ilmiah di Seminar Internasional Terindeks Scopus

Alhamdulilah, kembali prestasi akademik diraih oleh salah satu mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Universitas Darussalam Gontor. kali ini adalah karya dari Fathin Muhammad Wasmanson, salah satu mahasiswa akhir TI yang berhasil mem-publish sebuah artikel ilmiah di International Proceeding indexed by Scopus.

scopus logo

Artikel yang diterbitkan berjudul Sundanese Twitter Dataset for Emotion Classification tersebut telah diterima dan diseminarkan pada Prosiding IEEE 2020 International Conference on Computer Engineering, Network, and Intelligent Multimedia (CENIM), yang diselenggarakan oleh Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, Jawa Timur pada tanggal 17-18 November 2020 yang lalu. Fokus penelitian kepada analisa emosi terhadap Suku Sunda yang merupakan suku terbesar kedua di Indonesia yang memiliki banyak dialek, analisa emosi dilakukan khususnya pada media sosial twitter. Hasil penelitian berupa dataset untuk klasifikasi emosi teks bahasa Sunda. Preprocessing meliputi pelipatan huruf, penghapusan stopwords, stemming, tokenisasi, dan representasi teks.

fathin muhammad wasmanson
Fathin Muhammad Wasmanson selaku peneliti

Menurut fathin sebagai penulis, Publikasi ini sangat penting bagi saya dikarenakan beberapa hal berikut:

  1. Penulisan ditulis memakai Latex. Jika publikasi internasional, kami selalu cari seminar/jurnal yang mendukung template Latex
  2. Data analisis dan model yang dibangun pun dengan software open-source

Intinya, publikasi ini adalah ajang pembuktian bahwa dengan dengan non-proprietary software, kami tetap bisa produktif dalam berkarya. Dengan dipublikasikannya artikel ilmiah tersebut membuat fathin mengikuti kesuksesan kakak-kakak tingkatnya dalam menembus seminar internasional terindeks scopus. Semoga kebiasaan yang baik tersebut dapat menular kepada mahasiswa yang lainnya, sehingga tercipta ekosistem akademik yang baik, bermutu dan berarti sesuai dengan visi Universitas Darussalam Gontor.

Abstrak artikel ilmiah milik fathin dapat dilihat pada link berikut ini:

https://ieeexplore.ieee.org/document/9297929

Leave a Reply

Close Menu