Karya Kolaborasi Mahasiswa Prodi K3 dan TI Lolos Pendanaan PKM Internal UNIDA

Karya Kolaborasi Mahasiswa Prodi K3 dan TI Lolos Pendanaan PKM Internal UNIDA

Nafan Rasyidi Hartono, salah satu mahasiswa aktif semester VI Program Studi Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi (SAINTEK) Universitas Darussalam Gontor (UNIDA) telah lolos dalam pengajuan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Bersama-sama dengan mahasiswa prodi lain, Keselamatan dan Kesehatan Kerja Fakultas Ilmu Kesehatan UNIDA (Noor M. Anwary dan M.Yazil N), menelurkan sebuah ide yang berkaitan dengan teknologi dan pemrograman. Sebuah alat otomatis yang dinamai “Ridings Safety Sound“.

PKM Mahasiswa

Ridings Safety Sound merupakan sebuah alat atau mesin yang digunakan untuk mengucapkan kalimat-kalimat peringatan dan bersifat mengingatkan para pengendara motor ataupun mobil. Mengingat pentingnya menggunakan alat pelindung diri dan kelengkapan selama berkendara, maka alat pengingat tersebut memerlukan sistem yang terotomatisasi berbunyi saat ada pengguna kendaraan bermotor melewati gerbang UNIDA. Mahasiswa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (KKK) menginisiasi ide tersebut, namun akan sulit terealisasi jika tanpa dukungan dari mahasiswa teknologi infrmatika yang mampu merancang alat atau mesin tersebut.

Program Kreativitas Mahasiswa
PKM Mahasiswa

Saat ini, kelompok PKM mereka masih dalam tahap persiapan alat dan bahan. Selanjutnya akan dilakukan pemrograman dan perancangan alat/mesin otomatis tersebut. Ridings Safety Sound ini diharap dapat bermanfaat bagi seluruh civitas akademika UNIDA maupun para tamu dari luar universitas. Amiin… Semoga ide-ide hebat lainnya muncul dan dapat direalisasikan melalui program kreativitas mahasiswa di waktu yang akan datang.

Kontribusi artikel dari K3, lebih banyak info terkait K3 kunjungi link berikut ini:

/https://k3.unida.gontor.ac.id/

Leave a Reply

Close Menu