Bingung Dengan Penyakit dan Hama yang Menyerang Tanaman Anda? Tenang Saja, Mahasiswa TI UNIDA Gontor ini Kembangkan Sistem Pakar Hama dan Penyakit Pada Tanaman

Bingung Dengan Penyakit dan Hama yang Menyerang Tanaman Anda? Tenang Saja, Mahasiswa TI UNIDA Gontor ini Kembangkan Sistem Pakar Hama dan Penyakit Pada Tanaman

Salah satu mahasiswa TI UNIDA Gontor yaitu Rizqi Dino telah mengembangkan sebuah sistem pakar yang mampu mendeteksi jenis penyakit yang ada pada tanaman, khususnya tanaman bawang merah. Sistem informasi ini secara cerdas mampu mendiagnosa jenis penyakit dan hama yang ada di tanaman bawang merah anda dengan berbagai metode. Sistem informasi yang berisi pengetahuan seorang pakar ini dapat digunakan untuk konsultasi. setiap fitur yang ada didalam sistem informasi ini didasari dari keahlian seorang pakar yang menjadi dasar untuk menjawab pertanyaan atau konsultasi secara otomatis. Aplikasi ini telah mendapatkan evaluasi dari pakar di bidang agroteknologi UNIDA Gontor, Ust. Haris Setyaningrum, M.Sc, yang juga turut berkontribusi dalam pengembangan sistem informasi tersebut.

 Sistem Pakar hama dan penyakit bawang merah metode CBR dan CF
Tampilan halaman awal aplikasi Sistem Pakar hama dan penyakit bawang merah metode CBR dan CF (SPBM)

Metode yang digunakan untuk mendiagnosa jenis hama dan penyakit pada sistem informasi ini adalah Metode Case Based Reasoning (CBR) dan Certainty Factor (CF). Metode Case Based Reasoning adalah salah satu metode yang dibuat untuk menciptakan pengambilan keputusan yang berasal dari kasus baru dengan berdasarkan solusi asal masalah dari kasus sebelumnya.Konsep dari metode Case Based Reasoning ditemukan dari ide untuk menggunakan pengalaman – pengalaman yang terdokumentasi untuk menyelesaikan masalah yang baru.

Rizqi Dino, Mahasiswa TI UNIDA Gontor Pengembang Sistem Pakar Pendeteksi Hama dan Penyakit Tanaman Bawang Merah
Rizqi Dino, Mahasiswa TI UNIDA Gontor Pengembang Sistem Pakar Pendeteksi Hama dan Penyakit Tanaman Bawang Merah

Sementara itu Certainty Factor adalah suatu metode untuk membuktikan apakah suatu fakta itu pasti ataukah sebaliknya yaitu tidak pasti yang berbentuk semacam metric yang biasanya digunakan dalam penentuan gejala pada sistem pakar. Metode ini sangat cocok untuk sistem pakar yang mendiagnosis sesuatu yang belum pasti.

Didalam Sistem Pakar ini juga dilengkapi fitur yang menjelaskan berbagai macam hama dan penyakit pada tanaman bawang merah, setiap hama dan tanaman disertai dengan foto detail. Hal ini bertujuan untuk membantu petani atau pengguna untuk dapat mengenali dan mengidentifikasijenis hama yang ditemuinya di lingkungan sawah tempat menanam.

jenis penyakit pada tanaman bawang merah
Fitur jenis penyakit pada tanaman bawang merah
Jenis Hama pada tanaman bawang merah
Fitur Jenis Hama pada tanaman bawang merah

Jika anda awam terhadap penggunaan aplikasi, tenang saja, sudah disediakan tatacara penggunaan secara lengkap dan detail, tampilan sustem pakar yang dinamis juga akan memudahkan anda dalam mengakses sistem pakar tersebut, anda cukup mengikuti arahan dari sistem untuk mendapatkan hasil dari diagnosa sistem yang diinginkan.

Sistem Pakar pendeteksi penyakit dan hama pada tanaman bawang merah
Panduan Sistem Pakar pendeteksi penyakit dan hama pada tanaman bawang merah

Sementara pengembangan sistem pakar ini baru terfokus pada tanaman bawang merah dan akan dikembangkan pada tanaman-tanaman yang lainnya. jika anda tertarik menggunakan sistem pakar ini, silahkan akses melalui link dibawah ini:

http://spbawangmerah.unidagontor.com/user/#home-section

Leave a Reply

Close Menu