IT Camp Part 1: Inovatif dan Kreatif Bersama Widya Indonesian Group

IT Camp Part 1: Inovatif dan Kreatif Bersama Widya Indonesian Group

Alhamdulillah berakhirnya Ujian Akhir Semester menandakan bahwa liburan awal tahun ajaran baru sesmester genap telah dimulai. Liburan digunakan mahasiswi untuk menyegarkan sejenak pikiran setelah menuntut ilmu selama 5 bulan ini. Berbagai macam aktifitas yang dilakukan para mahasiswi dirangkai dengan hiburan-hiburan dan bermanfaat. Salah satu aktifitas untuk mengisi liburan awal tahun ini, mahasiswi Teknik Informatika melaksanakan kegiatan IT Camp (Informatics Technology Camp). Kegiatan IT Camp dengan tema “Ekonomi Kreatif di Bidang Game Edukasi Berbasis Teknologi” yang berlangsung selama 2 hari dan berkunjung ke berbagai tempat-tempat yang bermanfaat sekitar daerah Yogyakarta. Tujuan pertama adalah kunjungan studi akademik di Widya Indonesian Group dan selanjutnya seminar di Hotel Wisma Magister Manajemen Universitas Gadjah Mada.

Pada hari pertama para mahasiswi mengunjungi Widya Indonesian Group. Para karyawan dari industri tersebut menyambut kami dengan hangat. Banyak sekali cabang-cabang dari Widya Grup ini sendiri, seperti Widya Robotic, Widya Wicara, Widya Security, Widya Analytic, Widya Edutech, Widya Skilloka, Widya Immersive, dan yang lain-lain. Satu persatu pembicara memperkenalkan bagaimana Widya berkreasi, menciptakan inovasi baru dalam dunia teknologi dari bidangnya masing-masing.

Pertama adalah Widya Robotic, Widya Robotic merupakan perusahaan yang bergerak dalam layanan inovatif yang didukung oleh kecerdasan buatan, otomatisasi, dan teknologi robotika untuk membantu klien mencapai tujuan bisnis. Salah satu produk dari Widya Robotic adalah Widya Load Scanner, teknologi laser scanner untuk mengukur volume material yang diangkut oleh truk, dum truck, forklift, dan lain-lain di lokasi konstruksi. Produk lainnya adalah Intelligent Gate, teknologi Artifical Intelligence (AI) yang terintegrasi sebagai gerbang untuk mengecek kelengkapan penggunaan pekerja konstruksi secara otomatis. Penerapan teknologi data-driven terbaru yang membantu kehidupan manusia dan bisnis menjadi lebih mudah.

Kedua adalah Widya Wicara, Widya Wicara merupakan perusahaan yang menciptakan suatu solusi untuk berbagai kebutuhan masyarakat yang berkaitan dengan pemrosesan suara atau bahasa. Salah satu inovasi yang diciptakan Widya Wicara adalah Widya Wicara Prima, asisten suara berbahasa Indonesia dengan fitur-fitur yang didesain dapat menbantu ibadah yang kita lakukan sehari-hari. Fitur-fitur tersebut seperti Al-Qur’an, Al-Qur’an Terjemahan, Islamic Calendar, Hadis, Hafalan Juz 30, Jadwal Sholat, Kajian Islam, Kisah 25 Nabi, dan lain-lain. Tak hanya itu, ada juga fitur pendukung seperti Dongeng Widya, Pantau Corona, dan lain-lain. Tak perlu khawatir, jika kita belum mempunyai speaker ini, kita dapat mengunduh aplikasi pendamping Speaker Widya Wicara “Speaker Kamar”di play store.

Ketiga adalah Widya Security, perusahaan yang menawarkan layanan dan solusi untuk keamanan data. Widya Security meminimalisir gangguan keamanan, menguji keamanan aplikasi dan infrastruktur, merespon cepat ketika terjadi insiden siber, dan membantu proses investigasi dan pemulihan setelah insiden. Selain itu, Widya Secutiry juga memberikan edukasi dan pelatihan tentang security awareness serta secure coding.

Keempat adalah Widya Analityc, Star Up Analitik Data Besar dengan menggunakan Kecerdasan Buatan dan Teknologi Analitik Data Besar dengan focus untuk mendukung berbagai lini bisnis dan kehidupan melalu basis data. Data adalah sumber daya yang paling masuk akal dan paling akurat yang dapat membantu suatu tim membuat keputusan strategis yang lebih baik dan mendapatkan keunggulan kompetitif. Salah satu inovasi dari Widya Analityc adalah Toba.ai, suatu platform pemantauan media sosial Twitter dan Instagram. Platform ini memudahkan kita untuk mengukur, menganalisis, dan buat strategi untuk akun Instagram kita.

Kelima adalah Widya Edutech, sebuah platform pendidikat interaktif dengan Learning Managemenet System yang memberdayakan guru/tutor diperkaya oleh kecerdasan buatan dan teknologi kompresosr data. Widya Edutech membantu pelajar untuk memaksimalkan belajar mereka. Program-program terbaru dan berkualitas mempermudah para pelajar untuk masuk kampus favorit mereka.

Keenam adalah Widya Skilloka, suatu perusahaan teknologi informasi yang mengembangkan layanan masa depan bagi permasalahan Sistem Manajemen SDM. Widya Skilloka hadir untuk mempersingkat proses manajemen SDM seperti manajemen data karyawan, rekruitmen, presensi, memantau lokasi kerja karyawan, pengajuan cuti serta penilaian kerja bagi karyawan dalam satu platform yang didukung oleh teknologi Face Recognition. Salah satu inovasi Widya Skilloka adalah Skillana, kita dapat melakukan asesmen diri dengan beragam jenis tes, berlatih wawancara kerja, dan memberikan informasi lowongan kerja.

Ketujuh adalah Widya Immersive, perusahaan yang memberikan solusi dan layanan Internet of Things (IoT) terfokus dapa interaksi, pemrosesan, dan perangkat IoT. Salah satu inovasi Widya Immersive adalah WISH, sebuah perangkat teknologi yang akan membantu kita dalam kehidupan sehari-hari. Jam Pintar berkelas dan halus yang dapat memonitor detak jantung, tingkat oksigen darah, olahraga, berenang, tidur, dan langkah harian kita. WISH dapat dipasang dengan ponsel untuk menerima semua pemberitahuan secara real time dan merekam kesehatan data kita.

Inovasi-inovasi dari Widya Indonesia Group sangat meninspirasi kita untuk lebih kreatif mengamalkan ilmu-ilmu yang telah kita dapatkan. Perkembangan teknologi yang semakin pesat menuntut kita sebagai generasi muda untuk menghasilkan berbagai inovasi baru. Dunia yang segalanya mudah dengan teknologi. Kehidupan masyarakat modern yang seiring bertambahnya waktu mengajak kita untuk lebih mengembangkan ilmu dan pengetahuan dengan berinovasi menggunakan AI dan AR dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Close Menu