IT Camp Part 2: Peran Teknologi Informasi Pasca Pandemi

IT Camp Part 2: Peran Teknologi Informasi Pasca Pandemi

Pada hari kedua IT Camp, tempat selanjutnya yang kita tuju adalah Hotel Wisma Magister Manajemen Universitas Gadjah Mada yang berada tak jauh dari penginapan kita. Disana kita melaksanakan 2 sesi seminar, dalam sesi pertama bertajuk “Information Technology Landscape Post Pandemic Era” yang disampaikan oleh Mukhammad Andri Setiawan S.T., M.Kom salah satu dosen senior di Universitas Islam Indonesia. Beliau adalah Ketuadari Badan Sistem Informasi, Universitas Islam Indonesia, Ketua Training and Development, Indonesia Network Information Center (IDNIC-APJII), dan penggagas dari Indonesia Access Federation.

Dalam seminar ini beliau menyampaikan beberapa hal terkait manfaat teknologi informasi, perubahan budaya, dan proses digitalisasi dalam pasca pandemi ini. Beliau menegaskan IT bahwa ia tidak lagi dilihat sebagai tools (alat), namun dapat dipandang sebagai enabler (memungkinkan segala hal terjadi) terhadap proses perubahan budaya yang ada. Tidak ada yang berubah di dunia ini, kecuali perubahan itu sendiri yang bersifat konstan. Ketika masyarakat beranggapan bahwa IT sebagai enabler, maka pemikiran mereka akan berbeda. Berbeda dengan zaman dahulu, ketika teknologi hadir maka masyarakat hanya mengikuti saja. Namun dengan posisi gaya hidup yang sedemikian rupa sejak datangnya pandemi COVID-19, maka cara berpikir masyarakat mulai terbalik. Infrastruktur teknologi informasi akan mengikuti bagaimana rule proses masyarakat hidup dalam sebuah lingkup sosialnya. Oleh karena itu, Teknologi informasi memiliki pengaruh yang amat besar terhadap perubahan budaya dan keseharian masyarakat semenjak pandemi ini.

Dalam sesi kedua, yaitu pembahasan dari Direktur PT Sebangku Game, Risky, M.Kom. Beliau membahas mengenai game yang akhir-akhir ini telah menjadi trending bagi anak-anak kecil hingga orang dewasa apalagi di era pandemi COVID-19 yang mengharuskan kita hanya di rumah saja. Dari sebuah ide kreatif yang menghasilkan berbagai inovasi mengenai berbagai macam game yang bisa dimainkan oleh anak-anak. Pada PT Sebangku ini beliau menciptakan suatu game yang tidak hanya membuat terhibur namun penggunauga bisa mengambil banyak pelajaran dari game tersebut. Menciptakan game interactive entertainment, full of literature and education. PT Sebangku Game merupakan perusahaan game literasi pertama di Indonesia yang mana mempunyai visi untuk menciptakan pengalaman belajar yang nyaman dan menyenangkan. Perusahaan ini menerapkan game base learning, kita akan belajar bagaimana membuat game literasi yang mana akan membuat si pengguna belajar sambil bermain. Tanpa kita sadari dalam sebuah game literasi akan mempermudah kita untuk mengajarkan berbagai macam hal, mengajarkan kita hal-hal yang positif, dan menuntun kita untuk memecahkan suatu masalah dalam game tersebut. Pada hakikatnya menurut professor dari Belanda mengatakan bahwa kita adalah homo ludens yaitu manusia bermain. Oleh karena itu, akan lebih mudah jika dalam game kita bisa meletakkan unsur-unsur yang mengarah kepada hal positif di dalamnya dengan menciptakan game literasi ini.

Tak terasa usai sudah kegiatan IT Camp kita dalam 2 hari. Banyak sekali ilmu-ilmu baru yang kita dapatkan terutama mengenai bagaimana teknologi berperan dalam masa pandemic ini. Proses digitalisasi yang mana teknologi informasi mengubah banyak hal yang terjadi di dunia ini.  Terdapat suatu prediksikan oleh pahlawan terhormat kita, Ki Hajar Dewantara beliau berujar “Bentuk, Isi, dan Irama harus berubah. Yang tetap adalah sifatnya.”. Semoga dari kegiatan ini kita dapat mengetahui dan memahami lebih terhadap siklus perkembangan teknologi di Negara kita sendiri. Selain itu, juga dapat menambah pengalaman dan wawasan pengetahuan dalam sains dan teknologi serta dapat menerapkannya kelak sebagai mahasiswi Teknik Informatika yang turut berpartisipasi untuk mewujudkan peran teknologi dan menciptakan inovasi-inovasi baru untuk mengikuti perubahan zaman.

Tinggalkan Balasan

Close Menu